FA’ALIYAH TATHWIR KITAB MATAN AL JURUMIYAH ALAA SYAKL KHARAA’ITH AL MAFAHIIM LITANMIYAH FAHUM AL NAHW BAHS TATHWIRII FII MADRASAH MAMBAUSH SHOLIHIN AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH BI GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Fatimah (2014) FA’ALIYAH TATHWIR KITAB MATAN AL JURUMIYAH ALAA SYAKL KHARAA’ITH AL MAFAHIIM LITANMIYAH FAHUM AL NAHW BAHS TATHWIRII FII MADRASAH MAMBAUSH SHOLIHIN AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH BI GRESIK. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Sekarang ini telah hadir sebuah program “mind mapping” yang dicetus oleh Tony Buzon. Mind Mapping adalah peta rute yang hebat bagi ingatan, memungkinkan kita menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal. Ini berarti mengingat informasi akan lebih mudah dan lebih bisa diandalkan daripada menggunakan teknik pencatatan tradisional.
Oleh karena itu, peneliti berkeinginan menggunakan mind mapping untuk mengembangkan materi-materi nahwu di kitab Matan al-Jurumiyah, untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik, agar mengetahui efektifitas penggunaan pengembangan materi-materi nahwu di kitab Matan al-Jurumiyah dengan mind mapping, serta untuk menambah minat mereka dalam mempelajari ilmu nahwu, agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan lebih baik dari sebelumnya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan mind mapping (software free mind) untuk mengembangkan materi-materi nahwu di kitab Matan al-Jurumiyah, yaitu memenuhi bagan dengan warna-warna yang bermacam-macam sesuai klasifikasi materi. Dan setiap warna memiliki makna.
Penelitian ini dilakukan dengan uji coba di kelas VII “N” Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Rumusan masalahnya adalah: 1) bagaimana pengembangan materi-materi nahwu di kitab Matan al-Jurumiyah dengan mind mapping untuk mengembangkan pemahaman ilmu nahwu beserta praktiknya di kelasVII di Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin Gresik? Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan proses pengembangan materi dan melakukan uji coba. Instrument yang digunakan adalah; tes, angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah peneliti menghasilkan sebuah buku materi-materi nahwu di kitab Matan al-Jurumiyah dengan mind mapping yang bagannya di penuhi dengan warna-warna sesuai dengan klasifikasi materi, setiap warna memiliki makna. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pengembangan materi-materi nahwu di kitab Matan al-Jurumiyah dengan mind mapping di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik, adalah ”efektif”. Dengan bukti bahwa nilai rata-rata siswa pada post test adalah 89,66 atau 89,66%, atau pada predikat “Baik Sekali”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Burhan Djamaluddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, FatimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Nahwu; Mind Mapping; Kitab al Jurumiyah;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2015 05:27
Last Modified: 10 Mar 2015 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item