Terbelahnya bulan dalam Al-Qur’an telaah perbedaan penafsiran Muhammad Ibn Ahmad Al-Qurtubi dan Ahmad Mustafa Al-Maraghi atas ayat terbelahnya bulan dalam surah Al-Qamar ayat 1-5

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Ida Mawada (2016) Terbelahnya bulan dalam Al-Qur’an telaah perbedaan penafsiran Muhammad Ibn Ahmad Al-Qurtubi dan Ahmad Mustafa Al-Maraghi atas ayat terbelahnya bulan dalam surah Al-Qamar ayat 1-5. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya perbedaan penafsiran dalam surah al-Qamar ayat 1-5 yang membahas mengenai bulan terbelah. Menurut kebanyakan mufasir al-Qurtubi misalnya yang menganggap bahwa bulan sudah pernah terbelah, akan tetapi menurut al-Maraghi bulan akan terbelah ketika mendekati hari kiamat.Masalah yang diteliti dalam hal ini adalah 1) Bagaimana perbedaan penafsiran Muh}ammad ibn Ah}mad al-Qurtubi, dan Ah}mad Mus}t}afa al-Maraghi atas ayat tentang terbelahnya bulan dalam surah al-Qamar? 2)Bagaimana teori Muhammad ibn Ah}mad al-Qurtubi, dan Ah}mad Mus}t}afa al-Maraghi dalam menafsirkan ayat terbelahnya bulan sehingga terjadi perbedaan penafsiran?Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan data penafsiran dua mufasir yang berbeda yaitu penafsiran al-Qurtubi dan al-Maraghi dalam menafsirkan ayat terbelahnya bulan. Dan mengetahui teori yang digunakan kedua mufasir dalam memahami ayat yang sama.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitiannya library research (penelitian perpustakaan). Kajian kepustakaan ini berupa data primer berasal dari al-Jami' li Ahkam al-Qur’an karya Abu Abdillah Muh}ammad ibn Ah}mad al-Qurt}ubi, dan tafsir al maraghi karya Ahmad Mus}t}afa al-Maraghi, dan data sekunder yang berasal dari literatur tentang Asba>b al-Nuzu>l dan fungsi hadis terhadap al-Qur’a>n serta muna>sabah yang relevan dengan penelitian ini. Adapun teknik dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode dokumentasi. Sementara analisis dilakukan dengan mengunakan deskriptif dan content analisis. Yaitu menggambarkan dan menguraikan secara menyeluruh mengenai objek yang diteliti. Sedangkan analisis isi adalah metodologi dengan memanfaatkan sejumlah perangkat untuk menarik kesimpulan dari sebuah dokumen atau bahan pustaka.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa al-Qurtubi dan al-Maraghi mempunyai pemahaman yang berbeda terkait penafsiran surah al-Qamar atas ayat bulan terbelah. Menurut al-Qurthubi lafadz inshaqq al-qamar adalah suatu peristiwa yang telah terjadi di masa Rasulullah SAW atas permintaan suku Quraisy di Makkah. Sedangkan menurut al-Maraghi yang dimaksud dengan lafadz inshaqq al-qamar ialah suatu peristiwa yang akan terjadi ketika menjelang hari kiamat, ketika aturan alam ini mulai rusak dan bumi akan berganti dengan bumi yang lain. Perbedaan penafsiran ini dikarenakan teori yang digunakan kedua mufasir berbeda. Al-Qurtubi menggunakan teori Asbab al-Nuzul sedangkan al-Maraghi menggunakan teori munasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Ida Mawadaidamawaddah_n@yahoo.comE03212051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakkin--197709192009011007
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nur Ida Mawada
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:19
Last Modified: 14 Jan 2020 08:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item View Item