Kontroversi Tafsir Ilmi: telaah penafsiran Tantawi Jawhari terhadap Sab'a Samawat dalam Surah Al Baqarah ayat 29

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munika, Ayu Aulia (2016) Kontroversi Tafsir Ilmi: telaah penafsiran Tantawi Jawhari terhadap Sab'a Samawat dalam Surah Al Baqarah ayat 29. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah tafsir ilmi di uji dengan teori penafsiran 2) Sejauh manakah pandangan para mufassir dalam menyikapi tafsir ilmi karya Tantawi Jawhari. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui tentang penafsiran Tantawi Jawhari tentang Makna Sab’a Samawat dalam QS al-Baqarah ayat 29, Mengetahui tentang metodologi penafsiran yang digunakan dalam mengkaji tafsir ilmi. Ada pun fokus penelitian ini adalah pendapat para ulama tentan tafsir ilmi baik yang pro maupun yang kontra dan dengan juga contoh-contoh ayat yang berkenaan tentang tafsir ilmi. Dalam menjawab permasalah tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dan menggunakan teori corak tafsir ilmi ialah penafsiran Al-qur’an menggunakan pendekatan istilah-istilah (term-term) ilmiah dalam rangka mengungkapkan Al-Qur’an. Dan corak tafsir ini berusaha keras untuk melahirkan berbagai cabang ilmu yang berbeda dan melibatkan pemikiran-pemikiran filsafat. Penelitian ini dilakukan karena dapat memberikan kontribusi dalam studi al-Qur’an, memberikan informasi ruang gerak yang luas terhadap pemahaman studi tafsir ilmi, dan juga memberikan kontribusi pemikiran kepada pemerhati tafsir dalam rangka memahami tafsir ilmi. Selain itu, juga dapat menghasilkan sebuah pemahaman yang utuh dalam memahami ayat-ayat yang berkenaan dengan tafsir ilmi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pada surat al-Baqarah ayat 29, Tantawi Jawhari menafsirkan ayat tersebut secara rinci dan lughawi tentang makna Sab’a Samawat. Hasil penafsiran beliau yaitu bahwa ketahuilah sesungguhnya bumi ini di makmurkan di dalamnya yang meliputi macam-macam penyakit dan keinginan-keinginan kemudian manusia, menghalang-halangi untuk mengetahui kedudukan jagat raya dan ekosistemnya dan menjelaskan keajaiban-keajaibannya. Yaitu ketika atau tatkala langit yang begitu agung itu manusia saksikan di dalamnya berbagai macam pemandangan (tentang langit) keindahan dan kemudian sinar dan muncul rasa kebahagiaan dan kebaikan itu semuanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berakal sehat atau orang yang mempunyai agama yang kokoh dan sebaliknya dan apa yang sampai kepada kita itu sudah dijelaskan pada zaman yunani pada saat itu mempengaruhi ulama-ulama di askandaria. Dalam metodologi penafsirannya corak ilmi menggunakan metode tahlili yaitu menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an dengan memaparkan aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan itu serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufassir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munika, Ayu AuliaAyuauliamunikaika@yahoo.comE83212118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammad--2010105601
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Munika Ayu Aulia
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:11
Last Modified: 16 Dec 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13873

Actions (login required)

View Item View Item