Inul dan Alif: makna simbol religius dalam lukisan Gus Mus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Husnul (2016) Inul dan Alif: makna simbol religius dalam lukisan Gus Mus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnul Khotimah_E01212021 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti melakukan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode literatur atau library research. Objek yang diteliti adalah lukisan “Berdzikir bersama Inul” dan “Alifku Tegak di mana-mana.” Adapun metode pengumpulan data yang diperoleh dari beberapa buku, dan sumber lainnya. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif, deduktif, historis, dan interpretasi. Untuk lebih memahami makna simbol religius “Inul dan Alif” dalam lukisan Gus Mus, penulis menggunakan pendekatan teori simbol menurut Susanne K. Langer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Inul dan Alif” merupakan simbol religius karena memiliki unsur keagamaan atau terdapat pesan religi. Langer berpendapat bahwa simbol adalah alat atau sebagai dasar pemahaman manusia untuk memahami suatu objek yang dituju. Maka, simbol “Inul” dapat mengingatkan pada para penikmat seni untuk tetap dzikrullah baik secara lisan maupun tindakan di mana pun dan kapan pun. Sedangkan, simbol “Alif” sebagai simbol transendensi Tuhan menunjukkan bahwa Tuhan hanyalah satu dan tidak ada yang bisa Menandingi-Nya. Simbol di sini hanya digunakan untuk menjembatani atau menghantarkan dalam memahami objek lukisan. Jadi, kesadaran mendalam melalui mata bathin juga diperlukan, agar dapat meningkatkan spiritualitas terhadap Tuhan yaitu Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Husnulkhotimahh106@gmail.comE01212021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiyadi, Abdul KadirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Keywords: Simbol religius; simbol menurut Susanne Langer; Inul; Alif
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Khotimah Husnul
Date Deposited: 08 Sep 2016 01:22
Last Modified: 03 Jan 2024 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13878

Actions (login required)

View Item View Item