Studi Penafsiran Sayyid Qutub dan Ibnu Kathir Terhadap Lafadz Ulul Albab dalam Surat Ali-Imron Ayat 190 - 191

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswah, Maziyatun (2016) Studi Penafsiran Sayyid Qutub dan Ibnu Kathir Terhadap Lafadz Ulul Albab dalam Surat Ali-Imron Ayat 190 - 191. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Al Quran adalah kitab Allah yang diturunkan pada nabi Muhammad, al Quran adalah kitab yang berisi firman-firman Allah. al Quran yang berisi 30 juz, 114 surat ini sebagai arahan umat Manusia yang percaya akan Allah dan Rasulnya nabi Muhammad. Arahan dan sebagai petunjuk dalam kehidupan umat islam. Banyak pembahasan yang di bahas dalam alQuran mulai dari sejarah, politik, ekonomi, dan kesehatan pula. Semuanya adalah pengetahuan bagi hamba yang ingin mengetahui.Karena alQuran adalah kitab terakhir yang diturunkan maka banyak pula penafsiran-penafsiran yang sesuai dengan latar belakang mufasir atau pendidikan mufasir tersebut. Dan tak lain pula dalam surat Ali Imron ayat 190-191 ini disini banyak pendapat mengenai makna lafadz ulul albab dalam kalimat ulul albab pendapat itu mulai ada yang dipertentangkan dan ada yang tidak pula. Banyak juga pembahasan mengenai ayat ini maka dari beberapa pembahasan yang belum di temukan yakni pada ayat ini di padukan dengan teori yang di gunakan dalam memahaminya, yakni mulai dari kaidah kebahasaaan dan kaidah fungsi hadis serta kaidah ulumul Quran yang hanya berfokus pada munasabah ayat. Yang kedua ini memberikan perbedaan pemaknaan dalam memaknai lafadz ulul albab dalam potongan ayat inna fi khalq al-samawat wa al-’ard wa ikhtilaf al-layl wa al-nahar la’ayat li’ul al-’bab. Selain itu pula sebagai wawasan baru sengaja penulis mencangkupkan kedua mufasir disini yakni Sayyid Qut}ub pengarang tafsir Fi Dzilalil Quran dan Abdul Fida’ Imaduddin Ismail bin Kathir al-Quraisi al-Bushrawi ad-Damasyqi, yang dikenal dengan nama Ibn Kathir pengarang tafsir Ibnu Kathir. Yang kedua nya berbeda dalam menafsirkan, dalam hal ini berfokus pada permasalah dan menyelesaikan dalam bentuk kaidah bukan perbadingan tokoh tetapi kedua mufasir tersebut itu memanglah berbeda dalam menafsirkanya. Kedua mufasir itu adalah sebagai rujukan karena penafsiran yang berbeda.Penelitian ini adalah kategori penelitian keperpustakaan (library research) yaitu suatu penelitian yang menjadikan sumber penelitianya adalah bahan pustaka, tanpa melakukan survei maupun observasi. Dan sumber primer dari penelitian ini adalah Fi Dzilalil Quran dan Ibnu Kathir yang sumber sekundernya kitab-kitab tafsir lainya dan buku-buku yang masih berhubungan dengan permasalahan ini. Memahami ayat ini dengan kedua mufasir ini dalam tolak ukur pandang kaidah tertentu yang telah di sebutkan. Agar bagaimana tahu menyingkapi perbedaan antara mufasir karena berbeda kaidah dalam penafsiranya.Kesimpulan dari permasalahan ini yakni mengentahui akan kaidah-kaidah yang dipergunakan dalam menafsiri surat Ali Imron ayat 190-191 yang berfokus pada kaidah kebahasaan, kaidah ulumul quran (munasabah ayat ) dan kaidah fungsi hadis dalam al Quran. Yang nantinya akan diketahui bahwa dalam lafadz ulul alba>b dalam tafsir fi Dzilali quran mengunakan kaidah kebahasaan dan mengunakan dan munasabah ayat. Sedangkan lafadz ulul alba>b dalam tafsir Ibnu Kathir menggunakan fungsi hadis dalam alQuran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswah, MaziyatunMaziyah_zia@yahoo.co.idE03212026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammad-2010105601
Subjects: Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Niswah Maziyatun
Date Deposited: 05 Sep 2016 03:17
Last Modified: 09 Jan 2020 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item