NATION STATE VIS -A- VIS KHILAFAH ISLAMIYAH : TELAAH KOMPARASI-PARADIGMATIK PANDANGAN SEKULARISME DAN ISLAMISME

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghozali, M. Lathoif (2009) NATION STATE VIS -A- VIS KHILAFAH ISLAMIYAH : TELAAH KOMPARASI-PARADIGMATIK PANDANGAN SEKULARISME DAN ISLAMISME. An Nufus, 9 (1). pp. 59-77. ISSN 18581285

[img]
Preview
Text
An nufus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tidak adanya rule of game yang sistemik dalam berpolitik bagi umat Islam yang diwariskan oleh Muhammad Saw.Menggambarkan bahwa realitas politik adalah realitas kemanusiaan yang berdialog dengan ruang sosial dan budaya. Ungkapan Nabi "antum a' lamu bi syuuni dunyakum" patut untuk menjadi pijakan awal atas realitas politik sebagai bagian dari urusan dunia, bukan urusan agama. Namun,nabi mewariskan seperangkat moral dan etika kemanusiaan yang bersifat umum sebagaimana tersirat dalam teks-teks al Qur'an dan hadith, misalnya anjuran menebar perdamaian (af sau al salam) kepada sesama manusia, kesamaan hak, sikap adil dan lainnya. Karenanya, politik Islam yogyanya tidak terkesan banyak terjebak dalam ranah penempatan agama dalam ranah politik praktis. mengingat konsekwensinya ia harus berhadapan dengan keragaman nilai yang berlaku dikalangan masyarakat, baik nilai agama, budaya maupun suku. Politik Islam juga tidak sekedar mengekor dengan konsep-konsep politik yang berkembang di Barat, misalnya konsep demokrasi, negara bangsa (nation state) dan sejenisnya. Tanpa mengurangi kelayakannya, Karakteristik politik harus tetap dimiliki, tidak mengekor ke Timur juga tidak ke Barat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghozali, M. LathoifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:01
Last Modified: 05 Sep 2016 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item