Neo-sufisme Muhammadiyah: suatu studi atas Abdurrahim Nur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Biyanto, Biyanto (2015) Neo-sufisme Muhammadiyah: suatu studi atas Abdurrahim Nur. In: Diskursus Neo-Sufisme Muhammadiyah : Geneologi, Konstruksi dan Manifestasi. Pusat Studi Islan dan Filsafat (PSIF) - Universitas Muhammadiyah Malang, pp. 137-161. ISBN 978-979-796-353-8

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Perbincangan tentang Sufisme akhir-akhir ini banyak menyita perhatian umat. Hal itu dikarenakan, Sufisme menjanjikan pelakunya untuk memperoleh kedalaman makna dalam beragama, ketenangan, dan kehidupan yang bermakna (meaningful). Istilah Sufisme, biasanya digunakan para sarjana untuk menamai praktek keberagamaan yang bercorak mistik dalam tradisi Islam. Secara umum, tujuan dari Sufisme adalah membangun hubungan yang bersifat dialogis, antara hamba dengan Tuhan, melalui cara mengasingkan diri dan berkontemplasi. Karena itu, jangan heran jika seorang Sufi berdasarkan pengalaman spiritualnya, dapat merasakan kedekatan dirinya dengan Tuhan. Budaya beragama yang menekankan ketaatan pada elit agama (Kyai) hingga menuju kultus individu, jelas tidak popular di kalangan warga Muhammadiyah. Budaya beragama dalam Muhammadiyah, dikenal selalu menekankan prinsip untuk menggunakan nalar, tatkala memahami ajaran agama. Budaya menggunakan nalar dalam beragama itulah yang kemudian turut mengobarkan spirit tajdid bagi warga Muhammadiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book Section
Creators:
CreatorsEmailNIM
Biyanto, Biyantomrbiyanto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tasawuf
Keywords: Budaya agama; elit agama; sufisme
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel dalam Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2016 09:35
Last Modified: 01 Dec 2017 16:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14008

Actions (login required)

View Item View Item