ISLAM PURITAN VIS A VIS TRADISI LOKAL : MENEROPONG MODEL RESOLUSI KONFLIK MAJELIS TAFSIR AL QURAN DAN NAHDLATUL ULAMA DI KABUPATEN PURWOREJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asroni, Ahmad (2012) ISLAM PURITAN VIS A VIS TRADISI LOKAL : MENEROPONG MODEL RESOLUSI KONFLIK MAJELIS TAFSIR AL QURAN DAN NAHDLATUL ULAMA DI KABUPATEN PURWOREJO. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 6 Fix_11.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Tradisi lokal, dalam hal ini adalah budaya Jawa, masih memiliki posisi tawar yang cukup kuat meskipun terpaan berbagai arus baru terus saja menggerogoti nilai-nilai tradisi Jawa yang dianggap adiluhung. Keinginan sebagian masyarakat untuk menjaga tradisi Jawa masih dapat dilihat. Hal ini disebabkan karena nilai-nilai budaya Jawa yang mendarah-daging dalam masyarakat dianggap telah terbukti mampu membawa manusia pada tata kehidupan yang “selamat”. Tradisi Jawa tidak bisa lepas dari konsep slamet (Keselamatan) sebab dalam nalar orang Jawa hidup di dunia dengan selamat adalah lebih penting dari segalanya. Manusia Jawa tidak menentukan tujuan hidup yang muluk-muluk, yang penting selamat, tidak perlu rakus tapi harus bisa nrimo ing pandum (menerima suratan takdir). Konsep slamet ini adalah ruh tradisi jawa. Menurut Geertz, bagi orang Jawa slamet dimaknai sebagai “tidak ada apa-apa” atau tidak terkendala oleh masalah. Semua tradisi, upacara, ritual dan perayaan dalam budaya Jawa senantiasa dimaksudkan untuk memohon keselamatan. Oleh karena itu tradisi-tradisi tersebut sering disebut sebagai slametan. Tradisi slametan dan konsep-konsep budaya yang terkait dengannya, banyak dipengaruhi oleh peradaban-peradaban besar yang telah berkembang di tanah Jawa, yaitu setidaknya ada tiga peradaban Hindu, Buddha, dan Islam. Ketiganya, oleh orang Jawa terdahulu dikelola secara arif dan bijaksana sehingga terbentuk tradisi hasil akulturasi yang unik namun terbukti telah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan keselamatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asroni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tradisi Islam
Keywords: Islam Puritan
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2016 03:38
Last Modified: 21 Sep 2016 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item