Menggugat metodologi tafsir tematik konsistensi antara teori dan aplikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aswadi, Aswadi (2012) Menggugat metodologi tafsir tematik konsistensi antara teori dan aplikasi. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 6 Fix_9.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Ketentuan sebab nuzul memang telah menjadi perhatian bagi semua akademisi yang menekankan pada kajian tafsir tematik. Namun pada tahap aplikasinya perhatian tersebut ternyata tidak memiliki signifikansi secara konprehensip untuk semua ayat Al-Qur’an yang jumlah ayatnya tidak kurang dari 6.234 ayat. Menurut hasil penelitian Roem Rowi menunnjukkan bahwa ayat-ayat al-Qur’an yang disertai dengan sebab nuzul hanya berkisar pada 5, 34 % hingga 11,40 % dari keseluruhan ayat Al-Qur’an (Muqbil bin Hadi al-Wadi’i=333 ayat / 5,34 %, al-Suyuti= 711 ayat/11,40 % dan al-Wahidi=715 ayat/11,46 %). Dengan demikian, kajian tafsir tematik tidak semuanya menerapkan kajian sebab nuzul. Oleh karena itu, kajian tafsir tematik masih memerlukan pendekatan lain yang dipandang lebih konprehensip, termasuk di dalamnya adalah memperhatikan aspek tertib nuzul maupun aspek kronologisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aswadi, AswadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir tematik
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2016 03:47
Last Modified: 21 Feb 2019 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14026

Actions (login required)

View Item View Item