PENERAPAN ILMU ASTRONOMI DALAM UPAYA UNIFIKASI KALENDER HIJRIYAH DI INDONESIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyanti, Vivit (2012) PENERAPAN ILMU ASTRONOMI DALAM UPAYA UNIFIKASI KALENDER HIJRIYAH DI INDONESIA. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 5 Fix bagus_8.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Sejak awal peradaban manusia sudah merasakan perlunya sistem pembagian waktu menjadi satuan-satuan periode bulan dan tahun yang lazim disebut kalender, penanggalan atau taqwim. Kebutuhan manusia akan sistem kalender itu berhubungan erat dengan kepentingan kehidupan sehari-hari mereka dan atau kepentingan kehidupan keagamaan mereka. Allah Subhanahu waTa’ala dalam firman-Nya QS.al-Isra’: 12 telah menjelaskan kepada manusia, bahwa Dialah Yang Maha Pencipta dan Maha Pengatur alam semesta seisinya dengan sempurna dan teratur, termasuk tentang waktu. Manusia dengan akal karunia-Nya telah mampu mengetahui waktu: jam, hari, bulan dan tahun kemudian menyusunnya menjadi organisasi satuan-satuan waktu yang disebut penanggalan atau kalender.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyanti, VivitUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Astronomi
Hijriah -- Kalender
Keywords: Ilmu Astronomi; Kalender Hijriyah
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2016 01:54
Last Modified: 22 Sep 2016 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

View Item View Item