SASTRA SUFISTIK SUNDA DI TENGAH ARUS BUDAYA POPULER : PROBLEM PEMBACAAN ATAS KARYA DANGDING HAJI HASAN MUSTAPA (1852-1930)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmana, Jajang A (2012) SASTRA SUFISTIK SUNDA DI TENGAH ARUS BUDAYA POPULER : PROBLEM PEMBACAAN ATAS KARYA DANGDING HAJI HASAN MUSTAPA (1852-1930). In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 3 Fix_372.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini memfokuskan pada karya dangding Mustapa dalam kerangka sastra sufistik Sunda dan problematika pembacaannya di era budaya popular. Meski dalam beberapa kajian nama Mustapa sudah mulai dikenal, namun dangding sufistik sebagai wadah interpretasi tasawufnya belum banyak dieksplorasi. Kajian Abas (1976), Jahroni (1999), dan Gibson (2005) misalnya, cenderung melihat sisi pemikiran tasawuf Mustapa dihubungkan dengan genealogi tasawuf yang mempengaruhinya. Sementara Rosidi yang sejak 1970-an cukup intens menelusuri dan mempublikasikan karya-karya Mustapa, kiranya terbatas pada upaya merekonstruksi kepribadiannya dan kemudian menyajikan karyanya yang siap baca. Tulisan ini membahas karakter dangding sufistik Mustapa dan problem pembacaannya di masa kini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmana, Jajang AUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Islam
Keywords: Sastra Sufistik
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2016 04:09
Last Modified: 22 Sep 2016 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14038

Actions (login required)

View Item View Item