MENGEMBALIKAN PERDAGANGAN ISLAM YANG BERKEADILAN : SEBUAH ANTITESA TERHADAP PERDAGANGAN KAPITALISME GLOBAL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masduqi, Masduqi (2012) MENGEMBALIKAN PERDAGANGAN ISLAM YANG BERKEADILAN : SEBUAH ANTITESA TERHADAP PERDAGANGAN KAPITALISME GLOBAL. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 2 Fix_321.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Awal kelahiran kapitalisme berkisar antara akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17. Supremasi Belanda dalam perdagangan internasional di masa lalu itu dan besarnya kebutuhan untuk mengimpor rempah-rempah menjadikan Amsterdam sebagai pusat perdagangan di kawasan Baltik dan menggusur Venesia sebagai pusat komersial dan finansial Eropa. Modal pun mulai menumpuk disana dibawa oleh maskapai-maskapai dagang baik yang berbendera VOC, EIC maupun perusahaan-perusahaan besar lainnya yang diberi hak untuk menjajah wilayah di seberang lautan dan mengeksploitasi segenap sumber dayanya. Kaum kapitalis Belanda berkembang lebih pesat pada masa itu, karena mereka dibawah administrasi republik yang mendukung pasar bebas, nilai-nilai individual dan melegitimasi motif penumpukan keuntungan tanpa disertai nilai-nilai sosial dan kebersamaan. Peristiwa tersebut diatas telah berlalu berabad-abad namun secara substansi masih berlaku saat ini seakan sejarah terulang kembali. Kapitalisme kembali menjadi kekuatan dagang yang menakutkan dan menggerus saingan-saingan dagang yang kecil lainnya. Kita bisa melihat, sekedar contoh perkembangan perusahaan-perusahaan yang mengedepankan sistem franchise telah memasuki komunitas perdesaan dan menggerus sendi-sendi ekonomi rakyat kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masduqi, MasduqiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Perdagangan Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2016 06:46
Last Modified: 23 Sep 2016 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item