KRITIK WACANA SYARI'ATISASI DI RUANG PUBLIK: MENGAJUKAN PANCASILA SEBAGAI EPISTEMOLOGI HUKUM ISLAM KONTEMPORER DI INDONESIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahbudi, Syahbudi (2012) KRITIK WACANA SYARI'ATISASI DI RUANG PUBLIK: MENGAJUKAN PANCASILA SEBAGAI EPISTEMOLOGI HUKUM ISLAM KONTEMPORER DI INDONESIA. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 2 Fix_137.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Problem utama yang dihadapi umat Islam bermuara pada dua sisi. Pertama, berhadapan dengan cepatnya perubahan kehidupan sosial-budaya, dan perkembangan sains di sisi yang lain. Misalnya, Penolakan terhadap kehadiran agama Ahmadiyyah dan Syi’ah di Indonesia. Beberapa pihak menganggapnya sebagai perongrongan atau penistaan terhadap agama-agama yang sudah mapan. Belum lagi, kekerasan yang menimpa kelompok-kelompok yang dikategorikan sebagai aliran kepercayaan. Poin penting yang saya maksud dari kasus tersebut adalah penentuan salah dan benar, baik dan buruk pemahaman dan tindakan seseorang dalam menginterpretasikan Tuhan dan agamanya, ditentukan oleh orang lain dan mengabaikan perasaan personal serta dialog secara kultural.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahbudi, Syahbudi--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Pancasila; hukum Islam; hukum syariat
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2016 07:38
Last Modified: 01 Dec 2017 16:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14051

Actions (login required)

View Item View Item