Hadis tentang puasa tasu'a dalam Sunan Abi Dawud nomor indeks 2445

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholahuddin, Muhammad (2016) Hadis tentang puasa tasu'a dalam Sunan Abi Dawud nomor indeks 2445. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Sholahuddin_E03212067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaiamana kualitas dan ke-hujjah-an hadis tentang puasa tasu ‘a’ dalam Sunan Abi Dawud nomor indeks 2445, 2) Bagaimana pemaknaan hadis tentang puasa tasu ‘a’ dalam Sunan Abi Dawud nomor indeks 2445, 3) Bagaimana Penerapannya dalam Masyarakat. Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah Untuk mengetahui kualitas dan ke- hujjah -an hadis tentang puasa tasu ‘a’ dalam Sunan Abi Dawud nomor indeks 2445 serta mendeskripkan makna hadis tersebut serta penerapannya pada masyarakat. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Upaya menjawab beberapa masalah tersebut dilakukan dengan menggunakan takhrij terhadap hadis yang diteliti, kemudian melakukan i’tibar al-sanad, melakukan analisa sanad dan matan serta melakukan pemaknaan dengan beberapa langkah.penelitian ini dilakukan, Menenai pembehasan tentang puasa tasu ‘a’ merupakan hasrat Nabi yang belum direalisasikan dikarenakan Nabi lebih dahulu wafat pada bulan muharram tahun depannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hadis dalam Sunan Abi Dawud nomor indeks 2445 berkualitas sahih lidhatihi sehingga bisa dijadikan hujjah. Puasa tasu‘a’ adalah puasa dihari kesembilan pada bulan muharram. Tasu‘a’ adalah nama yang dipanjangkan, dialah yang dikenal oleh para ahli bahasa. Penerapannya dalam masyarakat bahwa disunahkannya berpuasa tasu‘a’ untuk menyelisihi dengan puasanya orang yahudi, sebangai pengiring puasa ‘ashura’, keutamaan dalam menjalankannya bisa jadi tidak berbeda jauh dari keutamaan pada puasa ashura’, mesyukuri nikmat Allah karena pada saat itu Allah memberi keselamatan untuk hamban-hambanya yang beriman. Orang-orang syi‘ah melakukan perbuatan dalam mengenang atas terbunuhnya Husain ibn Ali yang tidak ada anjuran bahkan sangat menyalahi anjuran dari Ali r.a dan para sahabat Rasulullah. Sedangkan mengenai anjuran untuk berpuasa tasu‘a’ sangat jelas dalam hadis beliau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholahuddin, Muhammadsholajoz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Puasa > Puasa Sunat
Keywords: Puasa Tasu‘a; Sunan Abi Dawud; no indeks 2445
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:50
Last Modified: 15 Jan 2019 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14092

Actions (login required)

View Item View Item