HADIS TENTANG RINTANGAN DAN PELUANG MENUJU SURGA DAN NERAKA DALAM KITAB AL JAMI’ AL SAHIH AL TIRMIDHI NO. INDEKS 2568

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muntaha, Abd (2013) HADIS TENTANG RINTANGAN DAN PELUANG MENUJU SURGA DAN NERAKA DALAM KITAB AL JAMI’ AL SAHIH AL TIRMIDHI NO. INDEKS 2568. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Pada hari kiamat, seluruh hamba akan digiring menuju ke surga dan ada pula yang menuju neraka. Surga dan neraka merupakan tempat tinggal terakhir yang dituju oleh seluruh hamba. Adapun tahap akhir pemberian ganjaran besar dan hukuman besar adalah surga dan neraka. seseorang tidak akan dapat sampai ke dalam surga, kecuali bila ia berusaha keras dan dapat menyibak tabir yang mennyelimuti surga yang notabene adalah hal-hal yang tidak disenangi oleh kecendrungan hawa nafsu. Adapun neraka, Maka dilputi oleh berbagai bentuk syahwat yang disukai oleh nafsu manusia. Kajian ini akan mengarah pada studi hadis dari kitab al-Jami’ al-Sahih al-Tirmidhi no. indeks 2568. Penelitian ini berusaha untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah, bagaimana kualitas hadis tentang rintangan dan peluang menuju surga dan neraka dalam kitab al-Jami’ al-Sahih al-Tirmidhi? dan bagaimana kehujjahannya? Adapun untuk membahas permasalahan di atas, diperlukan data primer, yang diperoleh dari buku-buku yang secara khusus membahas tentang inti atau pokok masalah seperti al-Jami’ al-Sahih al-Tirmidhi karya Abu ‘Isa Muhammad bin Sawrah, sedangkan data sekunder, diperoleh dari buku-buku yang digunakan sebagai pendukung permasalahan pokok yang dibahas, meliputi kitab-kitab sharah hadis terutama sharah al- Jami’ al-Sahih al-Tirmidhi juga kitab-kitab hadis lain, kitab Ulum al-Hadis, dan kitab-kitab lain yang pembahasannya baik secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam penelitian ini. Dan untuk menganalisis data tersebut peneliti menggunakan metode kritik sanad dan metode kritik matan. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas hadis tentang rintangan dan peluang menuju surga dan neraka, dalam kitab al-Jami’ al-Sahih al-Tirmidhi no. indeks 2568 dari segi kualitas sanad maupun matannya, mengetahui keabsahan hadis tentang rintangan dan peluang menuju surga dan neraka dalam kitab al-Jami’ al-Sahih al-Tirmidhi no. indeks 2568 sebagai hujjah, serta mengetahui makna dan maksud yang terdapat pada hadis tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa hadis tentang rintangan dan peluang menuju surga dan neraka dalam kitab al-Jami’ al-Sahih al-Tirmidhi bernilai Sahih karena sudah memenuhi kriteria hadis Sahih. sedangkan dari segi matannya juga dapat dikatakan Sahih karena tidak bertentangan dengan alquran, al-Hadis yang lebih kuat dan akal sehat sehingga hadisnya dapat dijadikan hujjah serta dapat diamalkan (maqbul ma’mul bih).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muntaha, Abdabdulmuntaha@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhirat > Hari Kiyamat
Akhirat > Neraka
Akhirat > Surga
Akhirat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Muntaha Abd
Date Deposited: 01 Nov 2016 02:57
Last Modified: 01 Nov 2016 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item