NILAI -NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PEREMPUAN SHALIHAH DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN REALITAS KEHIDUPAN PEREMPUAN MODERN : STUDI TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PEREMPUAN SHALIHAH DALAM SURAH AN-NISA’ AYAT 34-36 DAN AL-AHZAB AYAT 59 PERSPEKTIF TAFSIR IBNU KATSIR,AL-AZHAR, DAN AL-MISHBAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashudi, Moh. Ali (2014) NILAI -NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PEREMPUAN SHALIHAH DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN REALITAS KEHIDUPAN PEREMPUAN MODERN : STUDI TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PEREMPUAN SHALIHAH DALAM SURAH AN-NISA’ AYAT 34-36 DAN AL-AHZAB AYAT 59 PERSPEKTIF TAFSIR IBNU KATSIR,AL-AZHAR, DAN AL-MISHBAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Krisis akhlak yang menimpa negeri ini telah menyadarkan kita semua untuk berlomba-lomba memperbaikinya, minimal dimulai dari diri sendiri. Kembali kepada ajaran al-Qur’an dan al-Sunnah merupakan solusi yang tepat dalam penyelesaian krisis akhlak ini untuk itu dipilihlah pokok permasalahan tentang nilai-nilai pendidikan akhlak perempuan shalihah yang terkandung dalam surah al-Nisa’ ayat 34,35, 36 dan al-Ahzab ayat 59 dan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak perempuan shalihah dalam ayat tersebut dengan realitas kehidupan perempuan modern. Pemilihan ayat-ayat tersebut diyakini mengandung ajaran akhlak luhur menuju mar’atus shalihah yang dapat disosialisasiakan umat Islam dalam berinteraksi antar sesama mereka.
Analisis tafsirnya dikaji dengan perspektif tiga kitab tafsir, yaitu tafsir Ibnu Katsir, al-Azhar, dan al-Mishbah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak perempuan shalihah yang terkandung dalam surat al-Nisa’ ayat 34, 35, 36 dan al-Ahzab ayat 59 dan relevansinya dengan realita perempuan masa kini. Karena
disamping penulis ingin mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak perempuan shalihah tersebut, juga ingin mengetahui apakah realita perempuan masa kini relevan dan sesuai dengan nilai-nilai tersebut atau jauh dari kategori relevan.
Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan Ilmu Tafsir Muqaran. Dan metode yang digunakan dalam menganalisis datanya adalah content Analysis (Analisis Isi). Oleh karena itu, guna mendapatkan data-data yang dibutuhkan, peneliti menelaah buku-buku kepustakaan yang relevan dengan judul skripsi ini. Berdasarkan penelitian ini, maka kami menyimpulkan bahwa: Pertama, nilai-nilai pendidikan akhlak perempuan shalihah yang terkandung dalam surat al-Nisa’ ayat 34, 35, 36 dan al-Ahzab ayat 59,
antara lain: Taat kepada Allah, taat kepada suami, berbuat baik kepada orang tua, karib kerabat, anak yatim dan fakir miskin, tetangga, teman sejawat, ibnu sabil, para budak serta perintah memakai jilbab. Kedua, pendidikan akhlak perempuan shalihah dalam ayat tersebut masih sangat jauh dari kata relevan dengan realitas kehidupan
perempuan modern sehingga memang sangat penting untuk ditanamkan, dikembangkan dan diajarkan kepada generasi muda

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Mustofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashudi, Moh. AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Keywords: Pendidikan Akhlak; Perempuan Shalihah; Perempuan Modern
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2015 07:54
Last Modified: 17 Mar 2015 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item