تطوير مادة تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة االستماع يف املرحلة املتوسطة يف املعهد بستان الصلوات الاسلامي بسرابايا - Pengembangan materi ajar Bahasa Arab untuk membangun keterampilan mendengar di tingkat pertengahan di Pesantren Bustanus Sholawat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falahah, Siti Fitrotul (2016) تطوير مادة تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة االستماع يف املرحلة املتوسطة يف املعهد بستان الصلوات الاسلامي بسرابايا - Pengembangan materi ajar Bahasa Arab untuk membangun keterampilan mendengar di tingkat pertengahan di Pesantren Bustanus Sholawat Surabaya. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fitrotul Falahah_F062214093 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Bustanus Sholawat tingkat pertengahan Sawahan Surabaya masih menggunakan buku bahan ajar kurikulum 2013 Kementrian agama RI. Buku tersebut tidak dilengkapi oleh kaset yang mencakup materi istima’, pembelajaran maharah istima’ masih bercampur dengan pembelajaran maharah qiro’ah dan maharah kitabah, karena latihan soal di dalamnya hanya menggunakan tes-tes isai. Dari permasalahan-permasalahan tersebut penulis ingin membuat materi ajar yang kontemporer khusus pengembangan keterampilan mendengar sehingga mampu mengatasi masalah pembelajaran di Pesantren ini dan membantu para guru khususnya dalam pembelajaran istima’. Penulis menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisa data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan Materi Ajar Istima’ dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun samplenya adalah santri tingkat pertengahan di Pesantren Bustanus Sholawat Sawahan Surabaya yang berjumlah 25 santri. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, tes, angket, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini adalah: 1) karakteristik materi ajar yang dikembangkan adalah menyajikan kemampuan bahasa Arab khususnya keterampilan istima’, sekiranya siswa mampu memahami makna teks yang diperdengarkan. 2) ditemukan adanya efektifitas dari materi istima’ yang telah dikembangkan, dibuktikan dengan adanya perubahan dari nilai Pretest dan post test, didasarkan atas perbandingan t-hitung dan t-tabel yang menunjukkan t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2.064< 16. 543)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falahah, Siti Fitrotulfitroh439@gmail.comF06214093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, MohammadUNSPECIFIED2022026901
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Membangun keterampilan mendengar; pengembangan bahan ajar; pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Falahah Siti Fitrotul
Date Deposited: 03 Nov 2016 08:13
Last Modified: 10 Nov 2023 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item