TAHLIIL KITAAB AL-ARABIYYAH LI AL-THALABAH SUNAN AMPEL AL-ISLAAMIYYAH AL-HUKUUMIYYAH FI DHAU’ ASAS I’DAAD AL-KUTUB AL-TA’LIMIYYAH LIGHAIRI AL-NATHIQIIN BI AL-ARABIYYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslim, Nonong (2014) TAHLIIL KITAAB AL-ARABIYYAH LI AL-THALABAH SUNAN AMPEL AL-ISLAAMIYYAH AL-HUKUUMIYYAH FI DHAU’ ASAS I’DAAD AL-KUTUB AL-TA’LIMIYYAH LIGHAIRI AL-NATHIQIIN BI AL-ARABIYYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa asas-asas penyusunan bahan ajar bahasa Arab untuk pembelajar non Arab, yakni kitab Al-„Arabiyyah li al-Talabah yang digunakan pada Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif di IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Kitab Al-„Arabiyyah li al-Talabah merupakan bahan ajar yang rangkum dari beberapa kitab karangan para pakar pembelajarn bahasa di Timur Tengah, seperti Al-Arabiyyah li al-Hayat, Al-Qira‟ah al-Muyassarah dan lain-lain. Kitab ini didesain untuk mereka yang belajar bahasa Arab dengan waktu sangat terbatas, dan bukan untuk mereka yang di-asramakan. Oleh sebab itu, membutuhkan kecerdasan para pengajar untuk mengeksploarsi metode, strategi dan media pembelajaran yang digunankan.
Dari empat asas penulisan bahan ajar bahasa Arab, yakni asas linguistik, psikologis, pedagogis dan kultural, secara umum sudah cukup terpenuhi meskipun di sisi yang lain masih banyak kekurangan. Dari sisi linguistik, misalnya, kitab ini berusaha merangkum empat kompetensi kebahasaan dalam satu lilitan “keterampilan mendengar”. Keputusan untuk tidak menampilkan materi kaidah nahwiyah-sharfiyyah di awal-awal kitab juga demi memenuhi teori linguistik.
Saran yang bisa diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa penulisan bahan ajar bukanlah sesuatu yang instan. Mempelajari bahasa asing tidaklah sama dengan belajar bahasa Ibu. Maka, dibutuhkan riset analisis kontrastif dan tahlil alkhtha‟, agar materi yang diajarkan bisa relatif sesuai dengan pembelajar yang diharapkan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muh. Nu'man
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslim, NonongUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Asas Penulisan Bahan ajar; Al-Arabiyyah li al-Talabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2015 08:58
Last Modified: 17 Mar 2015 08:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item