I'DAD MAWAD TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH LI THULAB AL BARNAMIJ AL TAMHIDI ALA AL MUSTAWA AL TSANAWI : AL BAHTS WA AL TATHWIR FI AL MADRASAH ALA AL MUSTAWA AL DAULI AMANATUL UMMAH PACET-MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farikhiyah, Mir'atul (2016) I'DAD MAWAD TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH LI THULAB AL BARNAMIJ AL TAMHIDI ALA AL MUSTAWA AL TSANAWI : AL BAHTS WA AL TATHWIR FI AL MADRASAH ALA AL MUSTAWA AL DAULI AMANATUL UMMAH PACET-MOJOKERTO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar pelajaran bahasa Arab dalam keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis dalam program matrikulasi Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Pacet-Mojokerto. Karena dalam program matrikulasi bahasa Arab ini terdapat beberapa kesulitan dan sedikitnya pengetahuan siswa dalam menguasai ilmu Ashwat dan Istima’, monolog dan berdialog, membaca, memahami teks dan menulis dalam materi Bahasa Arab, juga disebabkan kurangnya minat siswa dalam mempelajari materi bahasa Arab dari kitab sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi bahasa Arab untuk siswa program matrikulasi di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet-Mojokerto dan mengetahui efektifitas dari materi ajar bahasa Arab ini. Penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan menghasilkan dan mengetahui seberapa besar efektifitas bahan ajar yang di desain oleh penulis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test, angket dan wawancara. Setelah penulis mendesain bahan ajar, kemudian akan dilakukan uji coba bahan ajar tersebut kepada siswa dan menganalisa seluruh data. Bahan ajar tersebut sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis bagi siswa program matrikulasi bahasa Arab tingkat MA, hal ini berdasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan yang signifikan, dari prosentase nilai pretest 73,55 menjadi 94,57 dalam nilai posttest. Hal ini sangatlah terlihat bahwa ada peningkatan siswa dalam pembelajaran empat keterampilan bahasa dengan menggunakan bahan ajar yang baru ini. Begitu juga hasil analisa diperkuat dengan angket dan wawancara yang memiliki kesimpulan sama dengan hasil signifikan dari analisa test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farikhiyah, Mir'atulmiratul90farikhiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Farikhiyah Mir'atul
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:27
Last Modified: 04 Nov 2016 08:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item View Item