This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alwy, Susiati (2011) PERGURUAN TINGGI DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Tribakti - Jurnal Kebudayaan dan Keislaman, 22 (2). pp. 185-202. ISSN 1441-9919
|
Text
Cover.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
Isi Artikel.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (968kB) | Preview |
Abstract
Indonesia adalah Negara multikultural terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dari kondisi soso-kultural mau pun geografis yang begitu luas dan beragam. Maka PAI diarahkan untuk rnencegah munculnya berbagai benturan dan kompetisi berdasarkan pluralisme budaya, agama, suku, dan ras. Pendidikan multikultural, pada PAI berkenaan dengan konsep keragaman etnis dan pengaruhn ya, dimana dapat ditarik kesimpulan bahwa; perbedaan itu tidak menjadi masalah dan berjalan dengan baik dan rukun. Pengembangan pendidikan multikultural dapat dilakukan secara makro dan secara mikro. Secara keseluruhan materi PAI dapat diarahkan untuk menumbuhkan sikap sating menghargai, toleransi antar etnis antar agama dan lain sebagainya. Metode diskusi dimaksudkan untuk melatih berbicara, melatih berpendapat, mengungkapkan isi hatinya dan mampu mengembangkan dialektika secara kritis. Ada keberimbangan antara ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi | ||||||
Keywords: | Pendidikan multikultural; konsep keragaman etnis | ||||||
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Jurnal | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2016 07:40 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2017 13:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14277 |
Actions (login required)
View Item |