Partisipasi Pondok Pesantren Tanjung Sari Jogorogo Ngawi dalam penumpasan Pemberontakan PKI 1948 di Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ali, Mukti (1990) Partisipasi Pondok Pesantren Tanjung Sari Jogorogo Ngawi dalam penumpasan Pemberontakan PKI 1948 di Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Partisipasi Pondok Pesantren TanjungSari Jogorogo Ngawidalam penumpasan PKI 1948 di Kabupaten Ngawi adalah dengan alasan karena umat Islam dari kalangan pesantren yang dipimpin oleh Ulama’ besar andilnya dalam mengahadapi pemberontakan PKI dan nilai-nilai perjuangan pesantren perlu diwariskan terhadap generasi pesantren selanjutnya. Tujuan PKI adalah ingin merongrong dan menggulingkan Negara yang sah karena tidak sesuai dengan Ideologisnya. Pada dasarnya sejarah Nasional adalah rekonstruksi sejarah lokal yang mempunyai kontak Nasional. Dalam pembahasan ini diharapkan menjadi input (masukan) bagi penulisan sejarah Nasional. Rumusan dalam pembahasan ini adalah; 1). Apakah motivasi dan tujuan pemberontakan PKI 1948 yang berpusat di Madiun. 2). Sampai sejauh mana partisipasi pondok pesantren Tanjung Sari dalam membantu penumpasan pemberontakan PKI 1948 di daerah Tingkat II Ngawi. 3). Bagaimana usaha pondok pesantren Tanjung Sari untuk menanggulangi pemberontakan PKI di daerah tingkat II Ngawi. Metode Pengumpulan Datanya menggunakan studi Kepustakaan, Sumber Lesan, dengan mengadakan wawancara kepada responden dan wawancara kepada Informan (orang yang menyaksikan jalannya peristiwa perjuangan, tetapi tidak ikut peran serta), Sumber lapangan, dengan observasi pada tempat-tempat bersejarah. Metode pengolahan datanya diperoleh dengan Kompelatif, Komparatif dan Analisis Induktif. Untuk metode penyajian data menggunakan dua metode yakni bersifat Informatif Analistis Induktif dan Informatif Diskriptif. Adapaun kesimpulan dalam pembahasan ini adalah; 1). Motivasi PKI mengadakan pemberontakan adalah ingin mendirikan Negara Sovyet Indonesia serta mengembangkan ajaran komunis. PKI yang berpusat di Madiun, bertujuan menggulingkan pemerintahan yang sah yang berdasarkan Pancasila dan menggantikannya dengan Negara ala Komunis. 2). Partisipasi pondok pesantren Tanjung Sari dalam operasi penumpasan di daerah Ngawi berupa moril seperti, memberikan informasi tentang data orang yang terlibat, sebagai penunjuk jalan di medan operasi karena mereka lebih faham daerahnya. Kemudian bantuan materiil seperti; menyediakan makanan, minuman, tempat dan peralatan lainnya yang diperlukan oleh petugas. 3). Adapun reaksi pesantren terhadap gerakan PKI tersebut, pesantren mengadakan usaha penanggulangan agar pengaruh komunis jangan sampai masuk kepada orang-orang Islam. Dalam hal ini usaha penanggulangannya meliputi; konsolidasi di bidang Ideology, Politik, Ekonomi, Sosial dan Militer (keamanan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ali, Mukti--088614001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, A. Nizar--15010727
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Pesantren
Keywords: Pondok Pesantren Tanjung Sari; pemberontakan PKI
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2016 04:03
Last Modified: 14 Nov 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14292

Actions (login required)

View Item View Item