Pengaruh pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS), auditor internal dan kepatuhan syariah terhadap peningkatan good corporate governance di PT. Bank Pembiayaan Raksyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Riskiyatul (2016) Pengaruh pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS), auditor internal dan kepatuhan syariah terhadap peningkatan good corporate governance di PT. Bank Pembiayaan Raksyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riskiyatul Khasanah_F04214057 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan sampel sebanyak 123 karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner. Alat analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda dengan uji F dan uji t pada program SPSS versi 18. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh Pengawasan Dewan Pengawas Syariah, Auditor Internal dan Kepatuhan Syariah secara parsial terhadap peningkatan Good Corporate Governance di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep. Dengan koefisien regresi variabel pengawasan DPS (X1) adalah nilai thitung sebesar 2,029 ttabel sebesar 1,960. Dengan nilai signifikansi 0,045. Maka H0 ditolak dan H1 diterima yakni terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial dari variabel pengawasan DPS (X1) terhadap peningkatan Good Corporate Governance di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep. Variabel auditor internal (X2) nilai thitung sebesar 3,840 ttabel sebesar 1,960. dengan nilai signifikansi 0,000. Maka H0 ditolak dan H1 diterima yakni terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial dari variabel Auditor internal (X2) terhadap peningkatan Good Corporate Governance di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep. Variabel kepatuhan syariah (X3) nilai thitung sebesar 2,216 nilai ttabel sebesar 1,960 dengan nilai signifikansi 0,029, maka terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial dari kepatuhan syariah (X3) terhadap peningkatan Good Corporate Governance di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep. Dari tabel hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 9,530 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, sedangkan nilai Ftabel sebesar 3,98. Sehingga keputusannya adalah menolak Ho artinya variabel independen (pengawasan DPS, auditor internal dan kepatuhan syariah) secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan Good Corporate Governance di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Riskiyatulriskiakhasanah@gmail.comF04214057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, IsmailUNSPECIFIED2021015201
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pengawasan DPS; auditor internal; kepatuhan syariah; good corporate governance
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khasanah Riskiyatul
Date Deposited: 21 Nov 2016 07:18
Last Modified: 09 Nov 2023 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item