Penerapan Tazir dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Syaichona Moch. Cholil Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahid, Ishaq (2016) Penerapan Tazir dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Syaichona Moch. Cholil Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ishaq Syahid_F032144018 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sistem pendidikan pesantren merupakan sistem pendidikan yang khas. Sistem pendidikan pesantren merupakan hasil adaptasi dari pola-pola pendidikan yang telah ada dikalangan masyarakat Hindu-Budha, yang mana lebih mengutamakan pembinaan kepribadian daripada pengembangan intelektual, sehingga daya kritis, tradisi kritik, semangat meneliti, dan kepedulian menawarkan sebuah konsep keilmuan tidak muncul di pesantren. Untuk melaksanakan pembinaan kepribadian tersebut, sebagian besar pesantren menerapkan sebuah aturan di mana aturan tersebut menjadi hukum baku di dalam lingkungan pesantren. Dalam hal ini dikenal dengan istilah ta‘zir. Ta‘zir diterapkan bagi santri melanggar peraturan di pesantren, menghafalkan ayat, membersihkan sampah, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar terciptanya anak didik yang berahlakul karimah. Hal ini menjadi perhatian khusus penulis, sehingga penulis tertarik untuk menelitinya. Untuk itu, penulis mengurainya dalam rumusan:1. Bagaimana penerapan ta‘zir di Pondok Pesantren Syaichona Moch. Cholil Bangkalan ? 2. Bagaimana penerapan ta’zir di Pondok Pesantren Syaichona Moch. Cholil Bangkalan dalam pembentukan akhlak santri? Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan penerapan ta‘zir di Pondok Pesantren Syaichona Moch. Cholil Bangkalan dan Mengetahui urgensi penerapan ta’zir di Pondok Pesantren Syaichona Moch. Cholil Bangkalan dalam pembentukan akhlak santri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian : 1. Pendekatan dan Jenis Penelitian: Deskriptif Kualitatif, 2. Sumber Data: Sumber Data Primer Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Ketua Pondok dan sumber sekunder yang relevan. 3. Tehnik Pengumpulan Data: Metode Observasi, Metode Wawancara, Metode Dokumentasi dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tindakan pendisiplinan kepada santri melalui ta’zir di Syaichona Moh. Cholil Bangkalan merupakan cara dalam pendisiplinan pengurus pondok terhadap santri yang bermasalah agar taat kepada peraturan-peraturan yang telah ditetapkan dan disepakati oleh pihak pengelola pengurus pondok pesantren dan pihak orang tua. ta’zir yang di terapkan kepada santri tidaklah hanya sebatas tertimbulnya jera kepada si pelaku, tetapi lebih di tekankan pada penyadaran atas apa yang sudah dilakukan tidak benar dan lebih-lebih penanaman ahlak terhadap santri yang melalui beberapa cara. Diantaranya dengan melalui ta’zir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahid, Ishaqnurulqomariyyah@gmail.comF032144018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.UNSPECIFIED2005035301
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Peradilan Agama Islam
Keywords: Tazir; pondok pesantren; ahlak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahid Ishaq
Date Deposited: 23 Nov 2016 07:53
Last Modified: 06 Mar 2024 05:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item