STUDI TENTANG EFEKTIFITAS GURU AGAMA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs. NURUL HUDA KALANGANYAR SEDATI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (2000) STUDI TENTANG EFEKTIFITAS GURU AGAMA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs. NURUL HUDA KALANGANYAR SEDATI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar adalah aktifitas belajar mengajar yang dilaksanakan oleh siswa dan guru, bila terjadi proses belajar akan terjadi pula proses mengajar yang menghasilkan hasil pengajaran. Untuk mendapatkan hasil pengajaran yang efisien, maka proses pengajaran harus dilakukan dengan sengaja, sadar dan terorganisir dengan baik. Dengan demikian terjadilah interaktif educatif antara guru dan jurid, dimana guru mensukseskan pembinaan siswa agar mereka mau belajar dengan baik, belajar yang baik dapat diciptakan, apabila guru dapat mengorganisir siswasehingga minat dan motivasi belajar dapat ditimbulkan/ditumbuhkan dalam suasana kelas yang mengairahkan.
Guru mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting dalam keseluruhanproses pendidikan terutama pendidikan formal maka guru dalam mengatur dan merencanakan proses belajar dengan baik dan tujuan tercapai maka harus memerankan siswa menjadi aktif, guru harus memiliki kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pengajar.
Pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan agama islam di kalanganyar sedati sidoarjo sudah dapat berjalan dengan lancar atau dengan baik, terbukti ketika penulis mengadakan observasi tentang kegiatan belajar mengajar pendidikan agama, semua kegiatannya banyak dilaksanakan sejak awal masuknya jam pelajaran sampai berakhirnya jam pelajaran. Berdasarkan tabel yang ada mengenai efektivitas guru agama dalam proses belajar agama dapat dikatakan dengan baik terbukti dari semua kategori yang ada dalam tabel tersebut rata rata sudah dapat berhasil dengan baik, walaupun ada sedikit kekurangan yaitu mengenai alat peraga, bahwa guru banyak yang tidak memakai alat peraga ketika menerangkan materi pelajaran yang memang perlu di peragakan dan berdasarkan dari hasil angket yang kami edarkan kepada 31 siswa ternyata jawaban mereka adalah baik mencapai 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', KhoirunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Guru Agama; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:20
Last Modified: 21 Nov 2016 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14338

Actions (login required)

View Item View Item