Peranan akidah Islam dalam membentuk akhlaq masyarakat Arab Jahiliyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thowafulloh, Muhammad (1997) Peranan akidah Islam dalam membentuk akhlaq masyarakat Arab Jahiliyah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Aqidah atau keyakinan merupakan unsur rohani manusia yang paling besar perannya dan paling sering, dan banyak mengeluarkan instruksi kepada anggota jasmani untuk melakukan suatu perbuatan. Aqidah yang benar akan membuahkan aktifitas manusia yang benar, akan tetapi kalau sudah salah, maka perbuatan manusia yang ditimbulkannya menjadi salah pula. Akhlaqul Karimah mempunyai peranan yang penting dalam mewujudkan ketertiban dan keharmonisan aktifitas kehidupan manusia. Oleh karena itu usaha kearah perbaikan akhlak merupakan kebutuhan pokok yang harus dilaksanakan oleh setiap individu, rumah tangga dan masyarakat, bangsa dan Negara. Oleh karena itu aqidah Islam mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pendidikan dan perbaikan akhlak manusia agar memiliki akhlak yang mulia. Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah; 1). Apa pengertian Aqidah Islam, tujuan dan dasar-dasarnya. 2). Apa pengertian tentang etika Islam, tujuan dan dasar-dasarnya serta faktor-faktor pembentukannya. 3). Bagaimana peranan aqidah Islam yang dibawa atau yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam pembentukan akhlaq dan manifestasinya dalam kehidupan sosial. Sumber data yang digunakan adalah Library Risearch, yakni dengan sejumlah literatur antara lain; Al Akhlaq oleh Prof. DR. Ahmad Amin, Studi Islam oleh Prof. Drs. H. Masjfuk Zuhdi, Aqidah Islam oleh Sayid Sabiq, Etika Islam oleh Hamzah Ya’qub, Sistem Etika Islami oleh Dr. H. Rachmat Djatnika, Nilai Iman oleh Drs. Shahminan Zaini. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode Selektif. Teknik pengolahan datanya dengan tehnik Induksi dan Deduksi. Kesimpulan dalam pembahasan ini adalah; 1). Akidah Islam adalah merupakan ruh bagi setiap mukmin. Semakin kokohnya akidah Islam pada pribadi mukmin semakin nampak nilai luhur manusia sebagai hamba Allah yang bertugas mengabdikan hidupnya kepada Allah SWT semata. Sebaliknya, seseorang semakin jauh dari akidah Islam ia akan kehilangan nilai hidup yang hakiki. 2). Etika Islam mutlak harus diwujudkan dalam kehidupan sosial, ia merupakan penentu nilai hidup bagi manusia. Nilai kemanusiaan akan terangkat dengan baiknya etika manusia itu sendiri. 3). Dengan datangnya akidah Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, yang terkandung di dalamnya nilai etika atau akhlaq yang baik, telah merubah kondisi masyarakat yang bodoh akan peradaban dan akhlaq yang buruk, menjadi masyarakat yang berakhlakul karimah. Ia sesuai dengan fitrah kemanusiaan mulai dari zaman dulu sampai sekarang dan masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thowafulloh, Muhammad--UNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Akidah Islam; Akhlaq; Masyarakat Arab
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2016 02:28
Last Modified: 18 May 2017 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14350

Actions (login required)

View Item View Item