Kerukunan antar umat beragama dalam perspektif Al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Windarti, Windarti (1998) Kerukunan antar umat beragama dalam perspektif Al Quran. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Dalam surat Al-Mumtahanah ayat 8, dijelaskan bahwa orang Islam tidak dilarang oleh Tuhan bergaul dengan baik dan berbuat adil dengan ahlul kitab (golongan Kristen dan Yahudi), selama mereka tidak memerangi ummat Islam karena agama, dan tidak pula mengusir orang-orang Islam dari kampung halamannya. Ayat tersebut erat kaitannya dengan ayat 7, yaki ayat sebelumnya dengan harapan agar timbul kasih sayang antar umat Islam dengan mereka, yang berakibat terciptanya suasana rukun dan damai dikalangan umat yang berlainan agama itu. Dalam pada itu, di seluruh dunia ini telah tumbuh kesadaran yang semakin mendalam bahwa manusia-manusia menghindari dari permusuhan, hal ini merupakan ajaran fundamental dari setiap agama dan dirumuskan dalam kalimat-kalimat yang berbeda nuansanya. Rumusan maslah dalam pembahsan ini adalah apa konsep Al-Qur’an tentang kerukunan antar umat beragama menurut perspektif Al-Qur’an. Sumber data dalam pembahasan ini menggunakan pendekatan “Library Research” (Studi Kepustakaan). Adapun buku-buku yang dipergunakan diantaranya yaitu; Al-Qur’an dan terjemahannya oleh Departemen Agama RI, Tafsir Al-Maraghi oleh Ahmad Musthofa Al-Maraghi, Tafsir Al-Azhar oleh Hamka, Tafsir An Nur oleh Hasbi Ash-Shiddieqy. Metode yang digunakan adalah metode analisa, dengan beberapa tahapan yakni; 1). Pengelohan data secara editing adalah memeriksa kembali data-data yang sudah dikumpulkan. 2). Pengorganisasian data adalah menyusun dan mensistematikan data-data yang diperoleh ke dalam kerangka paparan yang telah direncanakan sebelumnya. Ketiga, penemuan hasil adalah melakukan analisa hasil lanjutan secara kualitatif. Kesimpulan dalam pembahasan ini adalah; 1). Konsep Al-Qur’an tentang kerukunan antar umat beragama yaitu bahwa setiap penganut agama tidak boleh saling mengganggu dan mencela, tetapi harus tetap rukun dan damai serta saling menghormati akan dapat memberi kebebasan kepada pemeluk agama lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya. 2). Konsekwensi hubungan antar umat beragama menurut Al-Qur’an yaitu tentang muamalah yakni masalah social, ekonomi dan budaya, tidak sampai pada ubudiyah. Jadi umat Islam diperbolehkan bekerja sama atau saling bertoleransi dengan orang non Islam sebatas masalah muamalah dan tidak pada masalah aqidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Windarti, Windarti--059310075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMakasi, Makasi--150220819
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: Kerukunan Beragama; Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2016 02:45
Last Modified: 20 Nov 2020 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14353

Actions (login required)

View Item View Item