KH. Zaini Mun’im: seorang figur ulama, pendidik dan politikus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sundusiyah, Sundusiyah (1995) KH. Zaini Mun’im: seorang figur ulama, pendidik dan politikus. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

KH. Zaini Mun’im sejak kecil beliau sudah dibekali oleh ilmu-ilmu agama yang terpatri di dalam jiwanya, kepribadian yang bisa dijadikan teladan atau contoh bagi kita, baik sebagai makhluk pribadi maupun sebagai manusia yang mepunyai kepedulian sosial yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Beliau disamping sebagai seorang ulama pengasuh pondok pesantren yang masyhur di Jawa Timur, juga sebagai pemimpin umat dan pejuang yang gigih bukan saja di Jawa Timur tapi di tingkat Nasional, baik dalam Nahdlatul Ulama maupun dalam Partai Persatuan Pembangunan sampai akhir hayatnya. Adanya pesantren Nurul Jadid yang kini berdiri megah adalah suatu bukti nyata dari bentuk perjuangan yang takkan padam. Karena pesantren beliau tersebut didirikannya pada sekitar tahun 1948 adalah masa “uzlah” beliau ke tanah Jawa (Probolinggo), setelah pesantren yang di Madura diobrak abrik oleh penjajahan Belanda. Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah; 1). Siapakah KH. Zaini Mun’im. 2). Apakah aktifitas KH. Zaini Mun’im sebagai figure seorang ulama, pendidik dan politikus. 3). Apakah hasil dari aktifitasnya. 4). Apa dampak dari hasil aktivitasnya terhadap masyarakat dan sekitarnya. Sumber dan Pengumpulan Data dalam pembahasan ini adalah sumber tertulis, sumber lisan dan sumber lapangan. Untuk pengolahan datanya diolah melalui; Seleksi, Komperatif dan Analisis. Penyajian Tulisannya disampaikan dalam dua cara yakni Deskriptif (penyajian tulisan berdasarkan data aslinya) dan Interpretatif/Analitik (penyajian tulisan dari fakta yang sudah dicapai kemudian ditafsirkan). Kesimpulan dalam pembahasan ini adalah; 1). KH. Zaini Mun’im adalah sosok figure seorang ulama, berpandangan luas (modern) berkarakter kuat, sederhana serta penuh pengabdian. Karena itu beliau benar-benar memainkan peran nyata dalam rangka menggugat dan membangkitkan kembali semangat Islam yang dinamis di kalangan pemeluknya, beliau adalah NU sejati. Dengan kekuatan dan kekurangannya beliau lebih mengantarkan rakyat Indonesia yang mayoritas Islam untuk berjuang mempertahankan kemerdekaannya. 2). Perjuangan KH. Zaini Mun’im dalam pengembangan pondok pesantren sangat besar sekali, dimana beliau berhasil membina pondok pesantren Nurul Jadid, sehingga menjadi pondok yang besar dengan mempunyai lembaga pendidikan yang lengkap, disamping itu sarana pengembangan santri mencukupi, baik bidang pendidikan maupun bidang kemasyarakatan. 3). Usaha yang dilakukan oleh KH. Zaini dalam bidang keagamaan telah diperlihatkan dalam mengintensipkan masyarakat Karanganyar, sehingga dapat menjadi masyarakat yang berpendidikan. 4). Sebagai seorang politikus dampak dari perjuangannya telah terbukti, bahwa beliau sudah membesarkan organisasi NU di Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sundusiyah, Sundusiyah--089100102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsmara, Moch. Hudan----
Subjects: Ulama
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: KH. Zaini Mun’im; Tokoh Islam; Ulama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:40
Last Modified: 06 May 2020 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item