Brand personality acara dakwah di televisi : analisis faktor brand personality acara Islam Itu Indah di Trans TV dan Mamah Aa Beraksi di Indosiar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurrokim, Mohammad (2016) Brand personality acara dakwah di televisi : analisis faktor brand personality acara Islam Itu Indah di Trans TV dan Mamah Aa Beraksi di Indosiar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Brand merupakan salah satu aset penting yang senantiasa melekat pada setiap produk. Setiap brand memiliki kepribadian layaknya manusia. Acara dakwah di televisi merupakan salah satu produk perusahaan media yang memiliki dimensi kepribadian. Kepribadian brand pada acara dakwah harus sesuai dengan kebutuhan dan karakter pemirsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi brand personality acara dakwah di televisi serta karakteristik pemirsanya. Dimensi-dimensi brand personality dianalisis menggunakan teori-teori komunikasi. Tesis ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 150 responden dengan asumsi kalibrasi instrumen stabil dalam ±0,5 logit dengan tingkat kepercayaan 99%. Sampel yang diambil yaitu warga muslim Kota Surabaya yang menonton acara Islam itu Indah dan Mamah Aa Beraksi. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Analisis data menggunakan pemodelan Rasch. Karakteristik pemirsa acara dakwah di televisi yaitu laki-laki, di atas 50 tahun, berpendidikan tinggi, pegawai atau wiraswasta, jarang menonton TV, dan mengikuti pengajian. Terdapat 13 dimensi brand personality yang dinilai pada acara dakwah di televisi. Dimensi tertinggi adalah dimensi profesional dan dimensi terendah adalah dimensi kepercayaan. Acara Islam itu Indah dan Mamah Aa Beraksi memiliki keunggulan masing-masing pada dimensi-dimensi brand personality. Dimensi brand personality sesuai dengan pembuktian teori ekuasi media. Berdasarkan perspektif teori kultivasi media terdapat perbedaan dimensi brand personality antara pemirsa yang sering menonton dengan yang jarang menonton televisi. Perbedaan tingkat pendidikan juga berpengaruh pada perbedaan persepsi brand personality acara dakwah. Penelitian dapat disimpulkan bahwa acara dakwah memiliki dimensi brand personality dengan indikator-indikator yang berbeda dengan konteks media bisnis. Program acara dakwah memiliki karakter pemirsa yang spesifik. Setiap program acara memiliki keunggulan dimensi brand personality. Intensitas konsumsi media, tingkat pendidikan, dan karakteristik pemirsa memiliki pengaruh terhadap persepsi brand personality acara dakwah di televisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurrokim, Mohammadmunir2glory@gmail.comF17214205
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid1975@gmail.com2005027501
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Media Massa
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurrokim Mohammad
Date Deposited: 23 Nov 2016 04:52
Last Modified: 15 Jan 2020 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14371

Actions (login required)

View Item View Item