تصميم مواد تعليم مهارة الكلام على الأساس التكنولوجي لطالبات البرنامج المحادثة الصباحية في معهد "الأمانة" كريان – سيدوهرجوا – Desain materi pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi berbicara dengan menggunakan media teknologi untuk agenda percakapan pagi di Pondok Al Amanah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Siti Noor (2016) تصميم مواد تعليم مهارة الكلام على الأساس التكنولوجي لطالبات البرنامج المحادثة الصباحية في معهد "الأمانة" كريان – سيدوهرجوا – Desain materi pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi berbicara dengan menggunakan media teknologi untuk agenda percakapan pagi di Pondok Al Amanah Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Noor Azizah_F06214094 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Materi pembelajaran merupakan hal penting dalam mendukung keberlangsungan pembelajaran dan dasar dari pembelajaran. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini, peneliti menemukan kesalahan dalam bidang kalam dan tidak adanya materi yang sesuai dalam pembelajaran kalam untuk agenda percakapan pagi. Pengembangan materi ajar dilakukan sebagai solusi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa dikarenaka materi ajar yang ada pondok Al Amanah kurang maksimal. Peniliti juga menggunakan media teknologi yaitu power point untuk menghindari agar murid tidak bosan. Untuk memudahkan siswa belajar maka peneliti berusaha mengembangkan materi ajar yang cocok dengan tingkatan dan keadaan siswa.Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan pengembangan materi pembelajaran pondok Al Amanah. Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mendesain materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dan mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk siswa Al Amanah. Peneliti menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapatkan kelas eksperimen adalah 83,9 dan kelas kontrol 85. Dan peneliti menganalisis hasil dari test tersebut dengan menggunakan rumus One Sample T-Test. Dengan Hipotesis Ho: tidak ada perbedaan anatara pre-test dan post-test, Ha: ada perbedaan anatara pre-test dan post-test. Dan hasil penghitungan rumus T-Test menunjukkan bahwa T-Hitung lebih besar dari T-Tabel (8,074 > 2,086), maka terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka terdapat efektifitas desain materi pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi berbicara dengan menggunakan media teknologi untuk agenda percakapan pagi di Pondok Al Amanah Krian – Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Siti Noornoorazizah845@gmail.comF06214094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, M.baihaqi.sby@gmail.com2020027401
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Materi pembelajaran berbicara; desain bahan ajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azizah Nur
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:42
Last Modified: 15 Nov 2023 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item