تطوير التدريبات منكتاب تعليم الل غة العربية "العصري" في الترم الثاني لتنمية مهارة الكالم لطالب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة األولى محمدية 5 توالنجان – سيدوأرجو - Pengembangan Latihan dari kitab pembelajaran Bahasa Arab Al Ashriy semester dua untuk peningkatan kompetensi berbicara siswa Kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hatta, Hizbullah (2016) تطوير التدريبات منكتاب تعليم الل غة العربية "العصري" في الترم الثاني لتنمية مهارة الكالم لطالب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة األولى محمدية 5 توالنجان – سيدوأرجو - Pengembangan Latihan dari kitab pembelajaran Bahasa Arab Al Ashriy semester dua untuk peningkatan kompetensi berbicara siswa Kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hizbullah Hatta_F16214188 ok.pdf

Download (16MB)

Abstract

Berbicara adalah merupakan kompetensi salah satu kompetensi inti dalam pembelajaran bahasa arab dinisbatkan sebagai alat komunikasi. Kebanyakan pelajaran bahasa arab yang diajarkan di sekolah berkutat di kompetensi membaca dan qowaid, sehingga pelajar bahasa arab kurang terbiasa dalam kompetensi berbicara. Dengan latar belakang itulah, peneliti mencermati proses pembelajaran bahasa arab yang ada di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo. Peneliti menemukan beberapa masalah yang timbul dalam proses pembelajaran bahasa arab, terutama di dalam pembelajaran berbicara. Kurangnya latihan-latihan khusus keterampilan berbicara dalam buku ajar yang dipakai menjadi hal yang diteliti. Kompetensi berbicara dalam bahasa arab kurang efektif dikarenakan kurangnya materi pembelajaran berbicara, inovasi media pembelajaran, dan pembiasaan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa arab. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam menganalisis hasil PTK peneliti menggunakan rumus uji t serta metode presentase. Dan menetapkan nilai 70 sebagai standar minimal penilain suksesnya penelitian. Proses PTK terjadi menjadi 2 siklus. Siklus yang pertama nilai yang didapat siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 menunjukkan rata-rata 62,2 , sehingga peneliti membutuhkan siklus kedua. Di siklus ke dua nilai yang didapat siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 menunjukkan rata-rata 84,16. Berdasarkan standar nilai minimal 70 yang ditetapkan, maka peneliti memutuskan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul “Pengembangan Latihan dari kitab pembelajaran bahasa arab “Al ‘Ashriy” semester dua untuk peningkatan kompetensi berbicara siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo” sukses dengan nilai rata-rata siswa 84,16.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hatta, Hizbullahhamindalid91@gmail.comF16214188
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan latihan; Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hatta Hizbullah
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:55
Last Modified: 15 Nov 2023 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item