This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zulaichah, Yayuk (1999) PENGARUH PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SLTP YAMASSA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang aktifitasnya untuk membantu terhadap pendidikan keluarga, dengan kata lain sekolah juga menggemban tanggung jawab pendidikan anak sebagai amanat dari orang tua selaku penanggung jawab pertama dan utama. Sebagai lembaga formal sekolah tentu saja memiliki sistematika dan kwalitas yang mengarah kepada terbinanya kedewasaan anak. Akan tetapi meskipun demikian halnya, secara optimal sekolah tidak akan mampu untuk mengontrol secara keseluruhan terhadap prilaku anak didik tanpa adanya partisipasi atau keikutsertaan dari pendidikan informal, mengingat peluang, waktu yang tersedia bagi anak didik dilingkungan rumah tangga lebih banyak dibandingkan dengan di sekolah.
Peranan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa ternyata bisa dikatakan cukup baik. Hal ini melihat dari keadaan siswa yang selalu aktif mengikuti pelajaran disekolah yang selalu patuh terhadap aturan aturan sekolah serta taat pada guru dan orang tua. Adapun tingkat kedisiplinan belajar siswa di SLTP YAMASSA semakin meningkat. Hal ini karena adanya kesadaran dari orang tua terhadap belajar siswa untuk mencapai tujuan dari pendidikan di sekolah.
Berdasarkan perhitungan hasil angket sebagaimana diketahui korelasi nilai rxy = 0,772 maka langka selanjutnya membandingkan rxy (ro) dengan besar "r" pada tabel (rt) dengan terlebih dahulu mencari derajat kebebasan (db) dengan rumus db = N – nr yaitu 30 – 2 = 38 lalu db ini dilihat pada tabel yang menunjukkan pada taraf signifikansi 1% =0,463 dan pada taraf signifikansi 5% = 0, 361 dengan demikian nilai rxy lebih besar dari pada nilai yang ada pada tabel (rt). Adapun untuk mengetahui sejauhmana pengaruh tersebut dapat dilihat dalam interprestasi secara kasar yaitu 0, 772 yang besarnya berkisar antara 0, 600 sampai dengan 0, 800 jadi ada pengaruh peranan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Orang tua dan Anak |
||||||
Keywords: | Orang Tua; Kedisiplinan; siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 24 Nov 2016 08:35 | ||||||
Last Modified: | 24 Nov 2016 08:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14416 |
Actions (login required)
View Item |