Al Haq dalam al Qur’an dan implikasinya dalam kehidupan umat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdurrohim, Abdurrohim (2016) Al Haq dalam al Qur’an dan implikasinya dalam kehidupan umat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Pada perinsipnya adalah semua orang niscaya membutuhkan legitimasi kebenaran (al-Haq) atas semua tindakannya. Oleh sebab itu pemahaman terhadap al-haq harus benar-benar teliti, rinci dan hati-hati. Karena kesalahan dalam memahami hal yang prinsip akibatnya akan sangat fatal. Kesalahan dalam memahami al-haq sering kali berimplikasi kepada klaim “saya yang paling benar” sehingga itu bisa menyebabkan citarasa kebenaran menjadi panas, cendrung menuai konflik dalam urusan beragama. Oleh sebab itu permasalahan yang akan dijawab dalam tesis ini dirumuskan menjadi tiga point: (1) Bagaimana pengungkapan kata al-haq dalam Al-Qur’an? (2) Bagaimana penafsiran al-haq dalam al-Qur’an? Dan (3) Apa implikasi penafsiranal-h}aq terhadap kehidupan umat? Bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan secara sinergi konteks pengungkapan ayat-ayatal-haq dalam al-Qur’an, (2) Menemukan titik temu dari keragaman makna yang terdapat dalam penafsiran ayat-ayat al-haq dalam al-Qur’an dan (3) Menjelaskan serta mengklarifikasi implikasi makna ayat-ayat al-haq dalam kehidupan umat. Persoalan pemaknaan al-Haq ini yang diungkap dalam kajian tesis ini, dianalisa penulis dengan merujuk kepada semua ayat yang mengandung kata al-Haq dan menganlisanya dalam metodologi serta sistematika yang konprehensif-tematik hingga berujung kepada kesimpulan bahwa: (1) Al-Haq dalam al-Qur’an diungkapkan dalam beberapa bentuk kalimat dan derivasinya yang berjumlah 287 dari 263 ayat. Dari jumlah yang ada didominasi oleh al-haq dalam bentuk masdar dan merujuk pada makna yang beragam yang disebutkan dalam tafsir (2) Al-Haq dalam al-Qur’an memiliki konotasi tersendiri yang berporos hanya kepada satu subjek, yaitu Allah SWT. Allah adalah al-Haq al-Mutlaq yang menjadi satu-satunya sumber bagi kebenaran. Allah disifati al-Haq ialah karena wajib (pastinya) dan tsabatnya (tetapnnya) Allah dalam hal eksistensi Zat dan sifat-sifatNya yang Sempurna. Allah adalah Rabb (Pencipta) dan Waly yang haqq karena harmonis dan relevannya hasil ciptaanNya dan sunnah (hukum alam) yang diberlakukanNya terhadap ciptaanNya tersebut dan (3) Implikasi dari al-haq dalam kehidupan umat akan terlihat riil dalam bentuk nilai-nilai ketauhidan, dengan terbentuknya masyarakat madani yang berpegang teguh pada kearifan social, dan perdamaian yang dibangun atas dasar-dasar iman kepada al-Haq.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdurrohim, Abdurrohimrohimelsanie@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Tafsir
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Abdurrohim Abdurrohim
Date Deposited: 28 Dec 2016 07:43
Last Modified: 25 Jun 2018 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14456

Actions (login required)

View Item View Item