PENGARUH PENGELOLAAN PENGAJARAN AGAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS HIDAYATUL MUTA'ALIMIN DATINAWONG BABAT LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Eny (2000) PENGARUH PENGELOLAAN PENGAJARAN AGAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS HIDAYATUL MUTA'ALIMIN DATINAWONG BABAT LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tehnologi, maka semakin komplek pula persoalan dan masalah masalah hidup. Hal ini menimbulkan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya kebutuhan pendidikan. Oleh karena itu para orang tua peserta didik menuntut pada lembaga pendidikan agar mutu pendidikan lebih ditingkatkan untuk menghasilkan out put anak didik yang dapat merespon perkembangan zaman. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi secara pesat serta perubahan yang kompleks dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat. Kenyataan ini menuntut kita untuk berkemauan tinggi serta bekerja secara lebih baik, efektif dan efesien sehingga permasalahan dapat dipecahkan bersama sama.
Pengelolaan pengajaran agama dalam menyelenggarakan sederetan kegiatan secara efektif dan efesien yang dilaksanakan oleh guru berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi belajar siswa agar memiliki ilmu pengetahuan agama sebagaimana yang diharapkan, adapun pengelolaan pengajaran agama di Mts. Hidayatul Muta'alimin ini adalah cukup baik berdasarkan nilai rata rata jawaban angket yang diperoleh dari responden yaitu 62,85%.
Bahwa prestasi belajar pendidikan agama islam adalah tingkat kecakapan dari keberhasilan yang telah dicapai siswa oada bidang pendidikan agama islam yang diperoleh dari pengalaman dan latihan melalui proses belajar di sekolah. Sedangkan prestasi belajar yang di capai siswa pada bidang pendidikan agama islam adalah cukup baik, hal ini terbukti dari nilai rata rata bidang pendidikan agam islam yaitu 7,18. dan siswa yang memiliki nilai rata rata 7,18 atau dibulatkan menjadi 7,2 adalah sebanyak 23 siswa atau 65,71%.
Berdasarkan hasil analisis statistik dengan rumus product moment pengaruh pengelolaan pengajaran agama terhadap prestasi belajar pendidikan agam islam di buktikan dengan hasil "r" YANg diperoleh adalah 0,679. Jika dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 1% terbilang 0,418 dan pada taraf signifikansi 5% terbilang 0,325 maka ini menunjukkan nilai "r" yang diperoleh lebih besar dari nilai "r" tabel dengan perbandingan 0,679 > 0, 325 atau 0,769 > 0,418.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, EnyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Pengelolaan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:34
Last Modified: 30 Nov 2016 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14491

Actions (login required)

View Item View Item