Penyusunan bahan ajar KLKPD Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA untuk menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imtihanah, Wiwik (2016) Penyusunan bahan ajar KLKPD Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA untuk menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwik Imtihanah_F03212065 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penyusunan dan pengembangan bahan ajar guru tidak hanya berfokus pada satu referensi, tetapi memerlukan berbagai sumber atau bahan pembelajaran yang lain agar pencapaian dalam proses pembelajaran lebih terarah dan berjalan secara efektif. Oleh sebab itu guru dituntut untuk selalu kreatif dalam pengembangan bahan ajar sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal. Termasuk masalah yang sering dihadapi guru berkenaan dengan bahan ajar adalah guru memberikan bahan ajar atau materi pembelajaran terlalu luas atau terlalu sedikit, terlalu mendalam atau terlalu dangkal, urutan penyajian yang tidak tepat, dan jenis materi bahan ajar yang tidak sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa. Berkenaan dengan buku sumber sering terjadi setiap ganti semester atau ganti tahun ganti buku. Disamping anggapan masyarakat tentang pengadaan buku paket kurikulum 2013 yang negatif. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Artinya, penelitian ini dilakukan analisis dengan menggunakan uraian dan analisis verbal yanhg berupa kata-kata, klausa atau kalimat untuk menemukan jawaban focus atau rumusan maasalah, jadi tidak menggunakan uji statistik. Adapun tujuan penelitian ini terkait dengan tiga rumusan masalah antara lain: Mengetahui Penyusunan Bahan Ajar KLKPD mata pelajaran PAI SMA yang disusun oleh MGMP mata pelajaran PAI SMA di kabupaten Jombang, Mengetahui kesesuaian Bahan Ajar Kumpulan Lembar Kerja Peserta Didik (KLKPD) mata pelajaran PAI SMA yang disusun oleh MGMP mata pelajaran PAI SMA di kabupaten Jombang dengan Kurikulum 2013, dan Mengetahui kelebihan dan kekurangan Bahan Ajar Kumpulan Lembar Kerja Peserta Didik (KLKPD) mata pelajaran PAI yang disusun oleh MGMP mata pelajaran PAI SMA di kabupaten Jombang. Metode penelitian ini menggunakan studi dokumen buku KLKPD PAI MGMP Kabupaten Jombang dan dilakukan fragmentasi berupa data penelitian yang selanjutnya direduksi, didisplai, dan disimpulkan. Dengan Key Instrument peneliti itu sendiri sebagai subjek untuk melakukan elaborasi abalisis deskripsi dan generalisasi berdasarkan data yang diperoleh dari sumber data. Peneltiian ini tergolong dalam penelitian diokumentatif karena sumber data yang digunakan berupak dokumen KLKPD PAI MGMP Kabupaten Jombang. Adapun kesimpulan dan temuan pada penelitian ini terdiri atas tiga poin temuan yaitu: pertama, prosedur penyusunan bahan ajar KLKPD PAI MGMP Kabupaten Jombang ditemukan telah memenuhi kaidah perancangan bahan ajar kurikulum; kedua, secara umum bahan ajar KLKPD sudah sesuai dengan petunjuk penyusun bahan ajar menurut kurikulum 2013; ketiga, terdapat kelebihan dan kekurangan dalam menyusun bahan ajar KLKPD terutama tidak disertainya indikator ketercapaian kompetensi, tidak terdapat peta konsep dalam bentuk diagram, ilustrasi gambar, dan soal latihan tengah semester dan semester.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imtihanah, Wiwikwik.imtihanah@gmail.comF003212065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Bahan ajar; KLKPD; Kurikulum 2013
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imtihanah Wiwik
Date Deposited: 27 Dec 2016 07:07
Last Modified: 01 Nov 2023 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14511

Actions (login required)

View Item View Item