PENERAPAN TERAPI BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK DALAM MEREDUKSI KECEMASAN SISWA KELAS XI-IPA 1 PADA SAAT PELAJARAN KIMIA DI SMAN 1 KOKOP BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriawati, Munawwaroh Licha (2016) PENERAPAN TERAPI BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK DALAM MEREDUKSI KECEMASAN SISWA KELAS XI-IPA 1 PADA SAAT PELAJARAN KIMIA DI SMAN 1 KOKOP BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul: Penerapan Terapi Behavioral dengan Teknik Desensitisasi Sistematik dalam Mereduksi Kecemasan Siswa Kelas XI- IPA 1 Pada Saat Pelajaran Kimia di SMAN 1 Kokop Bangkalan ini menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana keadaan siswa yang mengalami kecemasan pada mata pelajaran Kimia di SMAN 1 Kokop Bangkalan (2) Bagaimana proses pelaksanaan terapi behavioral dengan teknik desensitisasi sitematik dalam mereduksi kecemasan siswa kelas XI-IPA 1 pada saat pelajaran Kimia di SMAN 1 Kokop Bangkalan (3) Bagaimana hasil terapi behavioral dengan teknik desensitisasi sitematik dalam mereduksi kecemasan siswa kelas XI-IPA 1 pada saat pelajaran Kimia di SMAN 1 Kokop Bangkalan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling yang bertujuan untuk meminimalisasi tingkat kecemasan siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan konseling Behavioral dengan teknik Desensitisasi Sistematis.
Subyek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa kelas XI-IPA 1 SMAN 1 Kokop Bangkalan tahun pelajaran 2016/2017 yang memiliki tingkat kecemasan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Kimia.
Hasil tersebut diperoleh dari data primer yaitu kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi dan evaluasi juga digunakan sebagai metode pendukung. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian pada pra siklus si mtr mengalami kecemasan tingkat sedang skor 65 kemudian pada siklus 1 mengalami penurunan kecemasan menjadi tingkat rendah skor 47 kriteria keberhasilan 18 digit. Pada siklus 2 mengalami penurunan kecemasan menjadi normal skor 32 kriteria keberhasilan 15 digit. Sedangkan si mhr pada pra siklus mengalami kecemasan tingkat sedang dengan skor 65 kemudian pada siklus 1 mengalami penurunan kecemasan menjadi rendah skor 51 kriteria keberhasilan 15 digit. Pada siklus 2 mengalami penurunan kecemasan menjadi normal skor 37 kriteria keberhasilan 15 digit. Dan untuk si rby pada pra siklus mengalami kecemasan sedang skor 74 kemudian pada siklus 1 mengalami penurunan kecemasan menjadi rendah skor 59 kriteria keberhasilan 15 digit. Pada siklus 2 mengalami penurunan kecemasan menjadi normal skor 40 kriteria keberhasilan 19 digit. Artinya siswa sudah bisa meminimalisasi tingkat kecemasan yang dialami. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan teknik desensitisasi sistematis dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi kecemasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriawati, Munawwaroh Lichaichafebry95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Behavioral; Teknik Desensitisasi; Kecemasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Febriawati Munawwaroh Licha
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:42
Last Modified: 07 Dec 2016 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14544

Actions (login required)

View Item View Item