EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI KELAS X DI SMAN 1 TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahirdhayani, Feni (2014) EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI KELAS X DI SMAN 1 TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan hasil penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya
yakni KTSP. dalam kurikulum ini menawarkan bentuk yang berbeda dengan
kurikulum sebelumnya. Misalnya dapat dilihat dari pendekatannya menggunakan
scientific dan tematik integratif. Hal ini dilakukan karena agar dalam pelaksanaannya
dihasilkan output-output yang siap dengan tantangan zaman yang semakin kompleks.
Dengan demikian generasi-generasi diharapkan bukan hanya dalam segi
intelektualnya saja yang baik tetapi lebih dari pada itu perubahan sikap dan
perilakunya yang butuhkan.
Hasil Belajar adalah Perubahan tingkah laku berupa pengetahuan,
keterampilan, sikap hidup siswa yang merupakan hasil atau suatu proses belajar yang
dinyatakan dalam bentuk angka, hurf, symbol, dll yang merupakan bukti dan
keberhasilan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013
di SMAN 1 Taman Sidoarjo, untuk mengetahui bagaiaman hasil belajar PAI , dan
untuk mengetahui efektif dan tidak efektifnya implementasi kurikulum dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian: 1. Pendekatan
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, 2. Sumber Data: Library research dan
Field research.3. Tehnik pengumpulan data: observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi.4. Analisis data: Uji t komparasi dua sampel independent.
Kesimpulan: Di SMAN 1 Taman Sidoarjo, dalam dalam proses belajar
mengajar dengan menggunakan kurikulum 2013 sudah cukup bagus. Para guru
khususnya guru PAI telah menerapkan prinsip-prinsip yang ada dalam kurikulum
2013. Dengan demikian mendapatkan nilai hasil belajar siswa cukup bagus. Namun
jika nilai itu dikomparasikan dengan hasil belajar KTSP maka imlpementasi
kurikulum 2013 ini belum efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahirdhayani, FeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Kurikulum 2013; Hasil Belajar; Implementasi Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2015 04:38
Last Modified: 25 Mar 2015 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item