Konsep shura dalam Al Quran: studi Tafsir Fi Zilal Al Quran karya Sayyid Qutub

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaoqi, Syaoqi (2016) Konsep shura dalam Al Quran: studi Tafsir Fi Zilal Al Quran karya Sayyid Qutub. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaoqi_F05214078 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Islam sebagai agama dengan seperangkat kitab suci Alquran dan Hadis telah purna sebagai petunjuk yang sempurna. Islam mengatur setiap sendi kehidupan pemeluknya, termasuk dalam hal pemerintahan. Shura adalah konsep yang ditawarkan Islam untuk mengakomodasi hal itu semua. Sayyid Qutub sebagai mufassir-mujahid dengan seperangkat tafsir Fi Zilal al-Qur’an (dibawah naungan Alquran) salah satu tokoh yang kuat mendengungkan konsep Shura tersebut. untuk itu, dalam tesis ini akan diungkapkan ayat apa saja yang dihadirkan Sayyid Qutub terkait konsep Shura tersebut, dan bagaimana uraian Sayyid Qutub dalam menafsirkan ayat-ayat tersebut. Tujuan dua rumusan masalah di atas adalah dalam rangka menghadirkan pilihan ayat apa saja yang diungkapkan Sayyid Qutub dan menjelaskan bagaimana uraian Sayyid Qutub terkait ayat tersebut dalam tafsirnya, Fi Zilal al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kajian Pustaka (Library Research) dengan jenis Penelitian Kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data secara Dokumentasi yang bersifat Analisis Isi (Content Analysis), yang dihadirkan dengan mengikuti metode secara Induktif dengan menggunakan pendekatan penafsiran secara Tematik (Mawdu’i). Penelitian ini menghasilkan, bahwa ayat yang dijadikan dalil oleh Sayyid Qutub adalah QS Ali ‘Imran: 159 (sebagai nas konsep Shura secara historis-praktis) dan QS al-Shura: 38 (nas secara teoritis-ideologis). Dalam uraian tafsirnya tersebut, Sayyid Qutub menegaskan, bahwa Shura adalah konsep dan prinsip dasar (mabda’ asasi) yang tak tergantikan sebagai akomodasi bagi umatnya dalam mengurus dirinya dalam berbangsa dan bernegara. Sebuah keharusan bagi umat Islam untuk menjadikan Shura sebagai karakteristik dasar (tabi’i asasi). Hal ini adalah sebagai justifikasi, bahwa umat Islam berhak menjadi teladan bagi umat lain dan aktualiasasi Islam yang rahmatan li al-‘alamin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaoqi, Syaoqio2nk.86@gmail.comF05214078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. RidlwanUNSPECIFIED2017085003
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Sayyid Qutub; QS Ali Imran: 3.159 dan QS al Shura: 42.38; Shura sebagai konsep Islam
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Syaoqi Syaoqi
Date Deposited: 27 Dec 2016 07:26
Last Modified: 07 Nov 2023 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item View Item