Pendekatan Pembelajaran Nilai pada Materi Pendidikan Agama Islam : Studi Multi Kasus di TK Sekolah Alam Excellentia Pamekasan dan RA An Nidaiyah Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Titik (2016) Pendekatan Pembelajaran Nilai pada Materi Pendidikan Agama Islam : Studi Multi Kasus di TK Sekolah Alam Excellentia Pamekasan dan RA An Nidaiyah Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Pendidikan semakin hari semakin menunjukkan kemajuannya baik dari segi tekhnologi, sarana dan prasarana, metode dan media yang beragam, serta para pendidik yang semakin hari meningkatkan kualitasnya dalam bidang keahliannya. Tantangan pendidikan saat ini banyak sekali, lebih-lebih pada nilai-nilai moral sehingga ini menjadi PR bersama untuk menuntaskannya. Sehingga kualitas fasilitator perlu diasah sedemikian rupa untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas juga. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana Pendekatan pembelajaran nilai pada materi Pendidikan Agama Islam di TK Sekolah Alam Excellentia Pemekasan dan RA An-Nidaiyah Sumenep. Kedua, Apa perbedaan penerapan Pendekatan pembelajaran nilai pada materi pendidikan agama islam di TK Sekolah Alam Excellentia Pemekasan dan RA An-Nidaiyah Sumenep. Adapun yang menjadi fokus lokasi penelitian dalam Tesis ini adalah TK Sekolah Alam Excellentia Pemekasan dan RA An-Nidaiyah Sumenep dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk orientasi teoritik dari pendekatan ini berpijak pada deskriptif dan untuk informasi diperoleh dari Direktur Sekolah, kepala Sekolah, komite Sekolah, ketua yayasan, dewan guru, serta wali murid. Adapun pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi serta analisis deskriptif. Berdasarkan pada penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa: pertama, dari sisi sarana dan prasarana, TK Sekolah Alam Excellentia Pemekasan lebh lengkap karena juga sesuai dengan SPP yang dikeluarkan oleh wali murid, sedangkan RA An-Nidaiyah Sumenep sarana dan prasarana kurang memadai karena tidak adanya pembayaran SPP sehingga sekolah tidak punya tabungan untuk mengalokasikannya. Kedua, materi/kurikulum yang digunakan juga beda, TK Sekolah Alam Excellentia Pemekasan menggunakan materi pelajaran sedangkan RA An-Nidaiyah Sumenep RA An-Nidaiyah Sumenep menggunakan sentra, tapi menurut peneliti tujuannya sama yaitu untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang berkualitas tinggi di hadapan Allah Swt. Ketiga, dari sisi pembiasaan sangat beda sekali karena di TK Sekolah Alam Excellentia, akhlaq yang ingin dicapai itu tertera secara rinci dan berkesinambungan antara sekolah dengan di rumah, sedangkan di RA An-Nidaiyah Sumenep tidak adanya kerjasama antara sekolah dengan rumah serta tidak adanya target pencapaian untuk bahan evaluasi selanjunya. Keempat, dari segi metode yang digunakan menurut peneliti hampir sama karena karena sama menggunakan atau metode yang banyak digunakan adalah metode keteladanan, transfer ilmu dan dijadikan kebiasaan, hanya bedanya di TK Sekolah Alam Excellentia para fasilitator konsisten dengan visi dan misinya sedangkan di RA An-Nidaiyah kurang konsisten dengan apa yang sudah menjadi cita-cita atau visi dan misi sekolah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Titikayahidayati18@yahoo.comF13214147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalik, Mohamadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendekatan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayati Titik
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:58
Last Modified: 10 Dec 2019 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14648

Actions (login required)

View Item View Item