Pengembangan model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pendidikan Agama Islam Di Sd Darul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arfiyanah, Iffa (2016) Pengembangan model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pendidikan Agama Islam Di Sd Darul Ulum Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VB di SD Darul Ulum Surabaya, yang menjadi salah satu masalah dalam pembelajaran PAI di sekolah adalah masih kurang memuaskannya hasil belajar siswa. Suatu tes terhadap siswa SD Darul Ulum Surabaya terutama kelas Vb menunjukkan hasil belajar siswa yangkurang rendah. Rendahnya hasil belajar PAI ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat monoton yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centre) sehingga situasi belajarnya terpusat pada pengajar, selain itu metode yang digunakan kurang adanya inovasi-inovasi baru yang menyenangkan sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran dikarenakan model pembelajarannya yang masih konvensional dan dirasakan kurang tepat. Dengan demikian proses belajar mengajar akan berlangsung kaku, sehingga kurang mendukung dalam pengembangan pengetahuan, sikap, moral dan keterampilan siswa, hal ini menyebabkan siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran atau tergolong siswa yang pasif dan hanya sebagai pendengar. Untuk mengatasi masalah tersebutdiperlukan adanya model pembelajaran baru yang dapat mengaktifkan seluruh siswa dalam kegiatan diskusi kelompok. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian iniadalah model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarsiswa kelas Vb SD Darul Ulum Surabaya terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah menggunakan model pembelajaran ARIAS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D). Penelitian dilaksanakan di SD Darul Ulum Surabaya pada tanggal 7 Maret 2016 sampai dengan 29 Juni 2016. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas Vb di SD Darul Ulum Surabaya yang berjumlah 33 siswa. Metodepengumpulan data menggunakan lembar wawancara dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus 1 siswa yang tuntas secara individu ada 17 siswa dengan ketuntasan kl asikal sebesar 58.3% dengan rata-rata nilai 62.5. Pada siklus 2 siswa yang tuntas secara individu mengalami peningkatanmenjadi 27 siswa dengan ketuntasan klasikal 83.3% dengan rata-rata nilai 76.67.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan modelpembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar kelas Vb di SD Darul Ulum Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arfiyanah, Iffaiffa22arfiyanah@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arfiyanah Iffa
Date Deposited: 10 Mar 2017 03:48
Last Modified: 14 Nov 2019 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14657

Actions (login required)

View Item View Item