Khawf dan Raja' dalam Al-Qur'an: Studi Tafsir Lataif Al-Isharat Karya Imam Al-Qushayri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haris, Fathul (2016) Khawf dan Raja' dalam Al-Qur'an: Studi Tafsir Lataif Al-Isharat Karya Imam Al-Qushayri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Alasan utama diciptakannya manusia sebagai makhluq Allah yang baik dan sempurna mengalahkan makhluq-makhluq lainnya, ialah mengenal dan mengabdi kepada-Nya, sekaligus sebagai ciri-ciri hamba pilihan yang kelak saat kembali kepada-Nya, Surga sebagai tempat abadinya. Berkaitan dengan tanggung jawab seorang hamba agar bisa menjadi hamba pilihan-Nya, salah satu peranan besarnya ialah keharusan untuk selalu merasa takut, serta menyadari, bahwa pantauan-Nya selalu menyertainya, lalu selanjutnya akan terdorong untuk selalu memenuhi hak-hak penghambaan seraya penuh harap rahmat kasih sayang-Nya akan berpihak kepadanya. Kaitannya dengan rasa takut (khawf) dan harapan (raja’) yang menjadi keharusan bagi setiap hamba yang beriman, banyak sekali ulama yang membahasnya. Akan tetapi, dalam karya mereka tidak terasa nuansa Qurani, pembahasannya sekedar informasi prilaku batin, dengan sedikit dasar riwayat. Bahkan dalam karya tasawuf Imam al-Qushayri sendiri yaitu al-Risa>lah al-Qushayriyyah dua term ini hanya sekedar pengungkapan definisi saja, tanpa kupasan secara detail. Sehingga maksud utuh dari dua term tasawuf itu kurang terungkap. Kemudian pada masa selanjutnya tidak sedikit yang menilai khawf dan raja’ hanyalah hal wajar yang mesti dimiliki oleh setiap manusia yang tidak dihargai dengan pahala. Padahal dalam al-Quran tidak sedikit ayat yang mengungkap dua term itu. Karena itu, dalam kajian ini, penulis memilih untuk mengkajinya dalam al-Quran, dengan menggunakan penafsiran imam al-Qushayri sebagai alat pendekatannya.
Tujuannya ialah, tidak lain karena penulis ingin mengungkap term khawf dan raja’ dalam al-Quran, dan dapat menemukan maksud dan ciri-ciri sebenarnya dalam al-Quran menurut tafsir Lataif al-Isharat karya Imam al-Qushayri.
Untuk sampai pada tujuan itu, metode pendekatan yang digunakan penulis ialah metode pendekatan library research, dengan fokus terhadap tafsir Lataif al-Isharat karya Imam al-Qushayri, dengan langkah pengumpulan ayat-ayat yang memuat term khawf dan raja’ lalu dilakukan penafsiran dengan pisau bedah karya tafsir yang ditulis Imam al-Qushayri itu.
Dari kajiannya, penulis menemukan maksud tidak tertulis Imam al-Qushayri yang seolah menyatakan, bahwa khawf dalam arti sebenarnya merupakan prilaku batin yang hukum wajib dimiliki oleh hambar yang beriman. Indikatornya ialah, disiplin (Mulazamah) hanya melakukan hal-hal yang diperintah, dan menajahui segala yang dilarang. Demikian juga raja’, kata ini juga prilaku batin yang menggambarkan seorang hamba yang memiliki harapan, lepas dari keputusasaan setelah berbuat. Dengan pengertian ini, berarti dua prilaku batin itu bersifat talazum, identik selalu bersama, muncul dalam setiap pribadi hamba yang beriman, sehingga Surga sebagaimana dijanjikan bisa ia raih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haris, Fathulayeas_achul@yahoo.co.idF05214068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhanUNSPECIFIED2004045901
Subjects: Tafsir
Keywords: Khawf; Raja'
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Haris Fathul
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:15
Last Modified: 15 Nov 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item