ANALISIS OPERASIONAL MURABAHAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS TERHADAP KEUNTUNGAN DANA TITIPAN DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG BLAURAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Hilmiyatun (2017) ANALISIS OPERASIONAL MURABAHAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS TERHADAP KEUNTUNGAN DANA TITIPAN DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG BLAURAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Operasional Murabahah pada Produk Tabungan Emas Terhadap Keuntungan Dana Titipan Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana analisis operasional produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya dan Analisis akad mura>bahah pada produk tabungan emas terhadap keuntungan dana titipan di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan pimpinan cabang dan staf karyawan khususnya bagian marketing yang telah mengetahui operasional produk tabungan emas secara keseluruhan di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya.
Hasil penelitian menjelaskan tabungan emas Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya menggunakan akad mura>bahah serta dalam operasionalnya tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya menggunakan sistem beli-titip emas. Artinya, nasabah membeli sejumlah emas kemudian menitipkannya ke pihak Pegadaian Syariah. Setelah mencapai jumlah tertentu, nasabah dapat mencetak emas yang dimiliki atau menjual kembali saat membutuhkan uang tunai. Dan nasabah yang ingin mencetak emas dalam bentuk fisik emas akan dikenakan biaya lagi dengan perhitungan sesuai berat emas yang akan dicetak nasabah dan sesuai harga emas dunia pada hari tersebut.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah operasional mura<bahah yang terjadi dalam transaksi jual beli pada produk tabungan emas memiliki keuntungan dana titipan yang tidak merugikan kedua belah pihak. Selanjutnya, Operasional pada produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya ternyata tidak hanya menggunakan akad mura<bahah saja, namun sebetulnya terdapat akad wadi’ah dan akad istishna’, yakni dikatakan mura<bahah pada saat nasabah membeli atau menabung emas dan buyback, akad wadi’ah ketika setoran dana nasabah sudah ada di dalam rekening tabungan emas, serta akad istishna’ ketika dalam proses pembelian emas tersebut hanya dibuktikan print out bukti nota pembelian saja, jadi bukan berupa fisik emas batangan, baru setelah ada nasabah yang ingin mencetak emas maka, pihak Pegadaian Syariah Cabang Blauran akan memesan dan membelikannya ke PT.ANTAM. Untuk patokan harga emas pada saat dijual dan buyback di Pegadaian Syariah Cabang Blauran mengacu pada harga emas di PT.ANTAM. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk mengangkat permasalahan tentang produk tabungan emas di Pegadaian Syariah ini maka dapat mengkaji mengenai analisis transaksi pembelian dan buyback emas Pegadaian Syariah kepada PT.ANTAM, serta berapa besar margin yang diperoleh ketika nasabah buyback ke Pegadaian Syariah dan ketika Pegadaian Syariah buyback ke PT.ANTAM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Hilmiyatunhilmiya.hamid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Murabahah
Keywords: Murabahah; Wadi’ah; Istishna’
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nisa Hilmiyatun
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:38
Last Modified: 04 Jan 2017 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14718

Actions (login required)

View Item View Item