POLA PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK INDIGO DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI SDN KLAMPIS NGASEM 1 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasuha, Fawaidatun Rohbawanti (2014) POLA PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK INDIGO DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI SDN KLAMPIS NGASEM 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pola Pendidikan Inklusi Bagi Anak Indigo Dalam Membentuk
Karakter Di SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang
bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana pola pendidikan inklusi bagi anak indigo dalam
membentuk karakter di SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya, dan apa faktor pendukung dan
penghambat pola pendidikan inklusi bagi anak indigo dalam membentuk karakter di SDN
Klampis Ngasem 1 Surabaya.
Data penelitian terhimpun dari observasi melalui pengamatan dan pencatatan dengan
sistematik oleh peneliti, wawancara secara langsung dengan kepala sekolah, guru, karyawan dan
peserta didik di SDN Inklusi Klampis Ngasem 1 surabaya yang dianggap mampu memberikan
keterangan serta masukan yang sesuai dengan data yang peneliti butuhkan. Dalam penelitian ini
didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap
permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya, peneliti menganalisis dengan menggunakan
metode analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pola pendidikan inklusi bagi anak indigo dalam
membentuk karakter di SDN Klampis Ngasem 1 surabaya telah berjalan dengan lancar dan
membuahkan hasil yang manis karena dalam perencanaan dan pelaksanaan pola yang dilakukan
telah berjalan dengan baik, saling bekerjasama antara yang satu dan yang lain untuk membentuk
karakter yang tepat dengan beragam watak yang dimiliki, khususnya pada anak indigo ini .
Dengan adanya lingkungan sekolah yang kondusif, kurikulum yang sudah terancang dengan
fleksibel, Memperlakukan siswa indigo tersebut dengan perasaan cinta dan hormat dan
pengelolahan ruangan yang tepat dengan pelaksanaan adanya kerjasama antara warga sekolah
dalam melaksanakan pembentukan karakter dengan cara pembangunan komonitas moral sekolah
dan pembangunan disiplin moral kepada anak indigo . Yang akan membantu anak tersebut dalam
mengembangkan pola perilakunya, meningkatkan standart perilakunya dan melaksanakan aturan
yang sudah ada.dan membantu anak indigo tersebut dalam mengetahui kebaikan, menginginkan
kebaikan dan melakukan kebaikan .
Dari sini dapat kita pahami bahwa Unsur terpenting dalam pembentukan karakter anak
indigo adalah mengendalikan pikiran. karena pikiran yang di dalamnya terdapat seluruh program
yang terbentuk dari pengalaman hidupnya, merupakan pelopor segalanya. Program ini kemudian
membentuk sistem kepercayaan yang akhirnya dapat membentuk pola berpikirnya yang bisa
mempengaruhi perilakunya. Jika program yang tertanam tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip
kebenaran universal, maka perilakunya berjalan selaras dengan hukum alam. Hasilnya, perilaku
tersebut membawa ketenangan dan kebahagiaan. Sebaliknya, jika program tersebut tidak sesuai
dengan prinsip-prinsip hukum universal, maka perilakunya membawa kerusakan dan
menghasilkan penderitaan. Oleh karena itu, pikiran harus mendapatkan perhatian serius dalam pembentukan karakter anak indigo tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Mas'ud
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasuha, Fawaidatun RohbawantiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pola Pendidikan Inklusi; Anak Indigo; Pembentuka Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2015 03:12
Last Modified: 27 Mar 2015 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item