Konsep hidayah dalam Al Quran: studi komparatif Tafsir Ruh Al Maani karya Al Alusi dan Tafsir Al Tahrir karya Ibnu Ashur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhaimin, Ahmad (2016) Konsep hidayah dalam Al Quran: studi komparatif Tafsir Ruh Al Maani karya Al Alusi dan Tafsir Al Tahrir karya Ibnu Ashur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Muhaimin_F05214066 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini terfokus pada pembahasan hidayah dalam al-Qur’an. Dalam pembahasannya tesis ini berusaha merumuskan konsep hidayah dalam al-Qur’an menurut penafsiran Imam al-Alusi dalam Tafsir Ruh al-Ma’ani dan penafsiran Ibnu ‘Ashur dalam Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir. Pembahasan tesis ini dilatar belakangi oleh pemahaman kebanyakan masyarakat tentang hidayah yang tampak tidak sejalan dengan hidayah dalam al-Qur’an. Perbedaan pemahaman di kalangan masyarakat ini berujung pada dua pemahaman dasar; Pertama, hidayah diasumsikan sebagai suatu petunjuk menuju perubahan perilaku yang lebih baik. Proses mendapatkan hidayah semacam ini sangat tergantung pada keinginan, upaya dan keaktifan manusia itu sendiri. Kedua, hidayah merupakan hal yang tidak bersinggungan dengan keinginan, usaha dan keaktifan manusia dan terpaku pada kehendak mutlak Allah swt. Dengan kata lain bahwa hidayah itu semata-mata merupakan hak prerogatif Allah swt. Kajian dalam tesis ini terpusat pada dua masalah pokok yang dirumuskan sebagai berikut, bagaimana penafsiran dua mufasir tersebut dalam menguraikan makna dan klasifikasi hidayah berdasarkan ayat-ayat hidayah dalam al-Qur’a>n serta bagaimana perbandingan penafsiran kedua mufasir tersebut. Adapun Tujuan dari penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui secara mendalam penafsiran konsep hidayah dalam al-Qur’an dalam kitab Tafsir Ruh al-Ma’ani karya Imam al-Alusi dan Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir karya Ibnu ‘Ashur sekaligus untuk menjawab permasalahan yang dimaksud pada latar belakang. Penelitian tentang Konsep Hidayah Dalam al-Qur’an ini termasuk kategori penelitian kepustakaan (library research), dimana semua bahan dan informasi yang dibutuhkan bersumber dari bahan-bahan kepustakaan dan buku-buku. Selain itu, penelitian ini juga disebut kualitatif karena data-data yang dikumpulkan dan dianalisa berbentuk kata-kata atau kalimat yang cenderung naratif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tafsir mauwd}u’i (tematik) sehingga diharapkan dengan pendekatan tersebut akan diperoleh hasil yang lebih representatif sesuai dengan tema pembahasan yang sedang diteliti sehingga dapat memberikan gambaran tentang gaya penafsiran serta implementasi dari dua tafsir tersebut. Dari penelitian terkait dengan tema yang diangkat, diperoleh kesimpulan bahwa hidayah merupakan petunjuk dengan kelembutan yang mengarahkan pada jalan kebenaran (h}aq). Berdasarkan klasifikasi yang telah dipaparkan oleh masing-masing mufasir. Disimpulkan secara global bahwa terdapat hidayah yang memang secara umum diberikan Allah swt. kepada seluruh makhluk tanpa adanya perbedaan, namun di balik semua itu terdapat hidayah yang hanya dianugerahkan Allah swt. bagi makhluk-makhluk tertentu yang dikehendaki sesuai hak prerogatif Allah sebagai pemberi hidayah dan hidayah inilah yang diistilahkan oleh mereka dengan hidayah taufiq. Selain hasil penelitian ini, penulis berharap adanya penelitian lain tentang konsep hidayah dengan metode yang berbeda agar pemahaman tentang hidayah bisa lebih komprehensif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhaimin, Ahmadkjust17@gmail.comF05214066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, MasruhanUNSPECIFIED2004045901
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Hidayah; Tafsir Quran
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhaimin Ahmad
Date Deposited: 10 Jan 2017 06:10
Last Modified: 03 Nov 2023 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14771

Actions (login required)

View Item View Item