Studi tentang bentuk corak metode tafsir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asy'ari, Asy'ari (1999) Studi tentang bentuk corak metode tafsir. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Al qur'an adalah kitab suci umat islam yang merupakan kumpulan firman Allah, yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw. Kehadiran Al Qur'an ditengah tengah kehidupan umat manusia pada prinsipnya ialah untuk memperkenalkan Allah dan menginformasikan pesan pesan atau petunjuk petunjuknya sebagai perwujudan nyata atas rahmat Allah yang khas bagi manusia. Agar tujuan tersebut dapat direalisasikan manusia maka al qur'an datang sarat dengan petunjuk petunjuk, keterangan keterangan, aturan aturan, prinsip prinsip, dan konsep konsep, baik yang bersifat global maupun yang terperinci, yang ekplisit serta implisit dalam berbagai persoalan dan bidang kehidupan.
Dalam pembahasan ini rumusan masalahnya adalah Bagaimana bentuk corak metode tafsir yang dikembangkan oleh para mufassir? Dalam pembahasan ini digunakan metode analisa dengan pola pikir sebagai berikut yaitu metode deduktif, metode induktif dan metode komparatif. Metode deduktif yaitu suatu cara mengambil keputusan yang bersifat khusus dari kesimpulan kesimpulan yang bersifat umum. Metode induktif yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta fakta yang khusus, peristiwa kongkrit kemudian dengan peristiwa yang kongkrit tersebut ditarik generalisasi generalisasi yang bersifat umum. Metode komperatif yaitu suatu cara dimana dalam menerangkan suatu masalah dengan jalan mengadakan perbandingan dari beberapa pendapat atau persoalan kemudian diambil suatu kesimpulan. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah Bentuk tafsir bil ma'tsur yaitu bentuk tafsir yang menjelaskan al qur'an atau ayat al qur'an dengan ayat al qur'an atau dengan sunnah rasul dan qaul sahabat. Bentuk tafsir bir ra'yi yaitu bentuk tafsir yang menafsirkan al qur'an dengan menggunakan ijtihad yang ditunjang dengan ilmu pengetahuan yang berkenaan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan ilmu tafsir. Dengan lahirnya dua bentuk tafsir tersebut diatas maka lahirlah berbagai macam corak penafsiran al qur'an yaitu tafsir sufy, fiqih, falsafy, ilmy dan adaby.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asy'ari, Asy'ari-E03392048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, M.-150081178
Subjects: Tafsir
Keywords: Metode tafsir; tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2017 08:26
Last Modified: 30 Jul 2021 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item