Studi terhadap pengaruh pengajian Tafsir Jalalain Jamaah Masjid Al Mubarok Siwalan Kerto Selatan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masbukhin, Masbukhin (1997) Studi terhadap pengaruh pengajian Tafsir Jalalain Jamaah Masjid Al Mubarok Siwalan Kerto Selatan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Al Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw dan disampaikan kepada kita secara mutawattir (Resmi) serta mengandung ajaran yang membuat orang mu'min hidup bahagia, yakni aqidah akhlak dan syari'ah. Al Qur'an adalah wahyu Allah kepada Rosulnya untuk mengeluarkan manusia dari kesesatan kepada cahaya petunjuk dengan izinnya menuju jalan lurus dan benar. Kemudian kalau kita perhatikan perintah al qur'an yang memerintahkan kita untuk merenung ayat ayatnya dan ancamannya terhadap mereka yang sekedar dan bila kita perhatikan pula bila al qur'an diturunkan untuk setiap manusia dan masyarakat kapan dan dimanapun, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap abad ke 20 serta generasi berikutnya dituntut pula untuk memahami al qur'an melalui kajian tafsir jalalain yang merupakan salah satu bagaian dari berbagai kitab tafsir. Dalam pembahasan ini rumusan masalahnya adalah Adakah pengaruh pengajian tafsir jalalain bagi jama'ah masjid al mubarok di siwalankerto selatan surabaya yang di asuh oleh ust. Drs. Moch. Achyar? Pada pembahasan ini digunakan populasi dan sampel. Yang di populasi adalah keseluruhan subyek penelitian. Dan pengertian tersebut maka penelitian mengambil jama'ah di masjid al mubarak siwalankerto selatan surabaya sebagai populasi yang jumlah pengikutnya 50 orang. Sedangkan yang di maksud dengan sampel adalah sebagaian atau wakil populasi yang menjadi obyek penelitian. Dalam hubungan penelitian ini maka sampel penelitiannya adalah 50% dari seluruh jama'ah yang jumlah seluruhnya 50 orang. Sehingga sampel yang dimaksud sebanyak 25 orang dari seluruh jama'ah yang pelaksanaannya setiap hari ahad pagi. Tehnik dalam pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik "Random Sampling" yaitu penelitian mencampur tanpa pandang bulu. Dengan demikian maka penelitian memberi hak yang sama kepada setiap subyek untuk memperoleh kesempatan dipilih menjadi sampel. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah Bahwa pengajian rutin yang diberikan oleh pembina pengajian mempunyai pengaruh yang positif terhadap jamaahnya. Pengaruh pengajian rutin terhadap peningkatan pengetahuan agamanya itu diterima kebenarannya terbukti pada kehidupan sehari hari, sehingga nampak perilakunya yang baik sesuai dengan ajaran agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masbukhin, Masbukhin--059310106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAchyar, M.--194908171979021001
Subjects: Tafsir
Keywords: Tafsir Jalalain; Tafsir; Pengajian
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2017 07:43
Last Modified: 13 Jul 2020 14:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14818

Actions (login required)

View Item View Item