Lokalitas tafsir di Indonesia: studi tentang corak kebudayaan dalam kitab Tafsir Al Ibriz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Izzul (2017) Lokalitas tafsir di Indonesia: studi tentang corak kebudayaan dalam kitab Tafsir Al Ibriz. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzul Fahmi_F15214174 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Khazanah penelitian tafsir di Indonesia dari generasi awal kemunculannya hingga generasi akhir-akhir ini memang sangat relevan untuk dikaji lebih dalam lagi. Sehingga banyak sarjana-sarja Islam yang tertarik menjadikannya opbyek penelitian. Hal ini disebabkan karena karya-karya tafsir yang ada di indonesia memiliki karakter tersendiri yang tidak dimiliki oleh karya tafsir di tempat lainnya, seperti pada karya tafsir al-Ibriz karya Bisri Mustofa yang disusun pada tahun 1960. Karya tafsir ini memiliki ciri khas Nusantara yakni dalam penyajian tafsirnya yang menggunakan bahasa Jawa dan beraksara Arab-Pegon dan ciri khas lainnya dari kearifan lokal yang ada di Jawa-Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Apakah latar belakang penyusunan tafsir al-Ibriz?. 2. Bagaimanakah bentuk lokalitas dalam tafsir a al-Ibriz?. Tujuannya adalah mengetahui latar belakang penyusunan tafsir al-Ibriz dan mengetahui bentuk lokalitasnya. Hasil penelitian ini adalah: 1. Latar belakang penyusunan tafsir al-Ibriz adalah tidak ada lain semata-mata beribadah dan mencari rida Allah SWT. 2. Bentuk lokalitas tafsir al-Ibriz adalah bahasa, istilah-istilah Jawa dan aksara Arab-Pegon yang digunakan dalam penafsirannya, budaya jawa yakni mistisisme, ziyarah makam awliya’dan ramuan leluhur jawa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Izzulizzulfahmi11@gmail.comF15214174
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. RidlwanUNSPECIFIED2017085003
Subjects: Kebudayaan
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir; corak kebudayaan
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fahmi Izzul
Date Deposited: 13 Mar 2017 04:27
Last Modified: 07 Nov 2023 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

View Item View Item