Manajemen strategi pengelolaan zakat untuk menyejahterakan masyarakat: studi kasus pada Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masthuroh, Masthuroh (2016) Manajemen strategi pengelolaan zakat untuk menyejahterakan masyarakat: studi kasus pada Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masthuroh_F14212212 ok.pdf

Download (17MB)

Abstract

Tesis ini menformulasikan rumusan masalah sebagai berikut; (1), Bagaimana kondisi internal dan eksternal meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik? (2), Bagaimanakah Strategi pengembangan manajemen yang dilakukan oleh Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik dalam pengumpulan dan distribusi zakat? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara (indepth interview). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berupa narasi transkrip yang dihasilkan melalui observasi dan interview pada saat informan atau subyek penelitian berada di lapangan. Dalam teknik yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data dengan pemanfaatan sumber lain, Analisis data dalam penelitian ini menggunakan matrik SWOT yang akan membandingkan kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal dengan peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: Hasil evaluasi terhadap lingkungan internal dan eksternal Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik menunjukkan bahwa organisasi ini memiliki kekuatan dan peluang yang pada dasarnya juga sudah memiliki kemampuan untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang dihadapi. Kedua: Dalam hal Strategi Pengembangan Manajemen yang Dilakukan oleh Yayasan Nurul Hayat Kabupaten Gresik dalam Pengumpulan dan Distribusi zakat, strategi yang saat ini dilakukan oleh Yasasan Nurul Hayat Cabang Kabupaten Gresik adalah: pertama: Melakukan promosi Yayasan, kedua: Membuat penelitian dan pengembangan, ketiga: Pengembangan program-program Yayasan. Dalam matrik SWOT diperoleh strategi eksploitasi pasar, strategi promosi pasar, pengembangan produk dan riset. Hasil penelitian ini, disarankan kepada Yayasan Nurul Hayat untuk menentukan Strategi perencanaan Jangka panjang (program lima tahun kedepan), membentuk Devisi penelitian dan pengembangan Yayasan, serta mengadakan Pendampingan mustahiq untuk bisa lebih produktif, sehingga cita-cita mewujutkan mustahiq menjadi muzakki berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masthuroh, Masthurohtututrohim@gmail.comF14212212
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, IskandarUNSPECIFIED2015066502
Subjects: Zakat
Amil Zakat
Keywords: Manajemen zakat; pengelolaan zakat
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Masthuroh Masthuroh
Date Deposited: 23 Jan 2017 04:01
Last Modified: 13 Nov 2023 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item