Saluran distribusi di Supermarket Sakinah Surabaya perspektif manajemen pemasaran syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permanasari, Lukita (2016) Saluran distribusi di Supermarket Sakinah Surabaya perspektif manajemen pemasaran syariah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lukita Permanasari_F14214156 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Saluran distribusi merupakan bagian penting dalam perusahaan karena berperan sebagai penghubung antara produsen dan konsumen, selain itu dapat menentukan tingkat keuntungan yang akan diperoleh perusahaan. Konsep distribusi memiliki maksud yang lebih luas, yaitu peningkatan dan pemerataan hasil kekayaan sehingga tidak beredar di golongan tertentu saja. Tesis dengan judul “Saluran Distribusi di Supermarket Sakinah Surabaya Menurut Perspektif Ekonomi Islam” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan: bagaimana saluran distribusi di Supermarket Sakinah Surabaya, bagaimana saluran distribusi menurut perspektif manajemen pemasaran syariah di Supermarket Sakinah Surabaya. Oleh sebab itu, penting dilakukan penelaahan tentang saluran distribusi, apakah sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam atau belum. Penelitian dengan jenis kualitatif sangat dibutuhkan dalam rangka menggali lebih dalam tentang hal tersebut. Penelitian kualitatif ini disandingkan dengan pendekatan studi kasus. Data-data yang dibutuhkan lebih akurat dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dapat dikatakan bahwa studi kasus bukan merupakan metode ilmiah yang spesifik melainkan lebih merupakan suatu metode yang lazim diterapkan untuk memberikan penekanan pada spesifikasi dari unit-unit atau kasus-kasus yang diteliti. Dengan kata lain, metode ini berorientasi pada sifat-sifat unik (casual) dari unit-unit yang sedang diteliti berkenaan dengan permasalahan-permasalahan yang menjadi fokus penelitian. Setelah melakukan penelitian ditemukan hasil penelitian bahwa setiap akan ada barang yang masuk, akan dilakukan uji produk apakah prduk itu layak untuk dijual atau tidak, sehingga tidak mendzalimi konsumen dan justru akan meningkatkan kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap Supermarket Sakinah. Supermarket Sakinah tidak melakukan penimbunan produk meskipun ada promosi dari pihak supplier, yang dapat menyebabkan berhentinya saluran distribusi dan mengakibatkan kelangkaan, sehingga harga barang tersebut akan meningkat atau naik. Saluran distribusi di Supermarket Sakinah Surabaya sudah memenuhi syarat hukum Islam. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap jalur distribusi Supermarket Sakinah yang berfokus untuk membangun bisnis barokah sebagai sarana mencapai tujuan kesuksesan dunia dan akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permanasari, Lukitaluki7kh@gmail.comF14214156
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauzia, Ika YuniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Saluran distribusi; Supermarket Sakinah; perspektif manajemen pemasaran syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Permanasari Lukita
Date Deposited: 23 Jan 2017 06:42
Last Modified: 07 Nov 2023 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item