ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuyansi, Yuyansi (1999) ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (821kB) | Preview

Abstract

Bagi kebanyakan masyarakat modern, ilmu pengetahuan dan tehnologi telah menjadi tumpuan harapan bahkan seolah olah telah menjadi dewa dalam era globalisasi, karena dapat dipandang dan dapat membantu manusia menyelesaikan sejumlah persoalan yang dihadapinya dalam kehidupan, maka dapatlah dimengerti betapa manusia berlomba lomba menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Dalam hal ini kita melihat pentingnya masalah iman dan tanggung jawab manusia, karena setidaknya hati nurani mereka sangat mewarnai dan menentukan ketika hendak menciptakan dan mengembangkan tehnologi. Tapi pada saat yang sama, ia mengungkung pikiran manusia pada semua yang bersifat teknis dan mekanis. Secara filosofis, al qur'an menunjukkan arti kehidupan manusia. Tujuan yang menuntut kepatuhan mutlak dari manusia untuk memberikan pemenuhan dan realisasi kehendak tuhan.
Dalam pembahasan ini rumusan masalahnya adalah 1). Bagaimana al qur'an memberi dorongan kepada manusia untuk menggali ilmu pengetahuan dan tehnologi? 2). Apa saja isyarah isyarah ilmiyah yang terdapat didalam al qur'an?
Dalam pembahasan ini digunakan metode deduksi, metode induksi dan metode analisa. Metode deduksi yaitu metode yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari fakta fakta yang khusus, peristiwa peristiwa yang kongkrit, kemudian ditarik generalisasi yang bersifat khusus. Metode induksi yaitu metode yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari fakta fakta yang khusus, peristiwa peristiwa yang kongkrit, kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Metode analisa yaitu studi untuk menemukan fakta fakta dengan interprestasi yang tepat dan berkehendak untuk mengenal fenomena fenomena untuk keperluan studi, selanjutnya untuk menguji hipotesa hipotesa dengan interprestasi sehingga dapat diperoleh sesuatu kesimpulan yang benar dan sesuai dengan tema yang ada.
Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa islam melalui al qur'an mendorong manusia untuk selalu menggali ilmu pengetahuan dan tehnologi, agar dapat membimbing dirinya dalam kehidupan baik di dunia kini maupun di akhirat kelak. Selain itu konsep paling dasar dalam islam adalah baca dan tulis yang pada akhirnya merupakan modal pokok dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Al qur'an itu adalah kitab suci yang banyak mengandung isyarat isyarat ilmiyah yang terdapat di dalamnya sebagaian diantaranya adalah tentang hal ihwal reproduksi manusia dan reproduksi alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuyansi, YuyansiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir Al Qur'an; Ilmu Pengetahuan; Teknologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:32
Last Modified: 24 Jan 2017 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14857

Actions (login required)

View Item View Item