Hak-hak kewarganegaraan non muslim di dalam negara Islam: studi analisa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athiyah, Umi (1995) Hak-hak kewarganegaraan non muslim di dalam negara Islam: studi analisa. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14895

Abstract

Islam sebagai agama wahyu mempunyai perundang undangan yang bersifat universal, yakni menyeluruh mencakup berbagai aspek kehidupan, tidak ada satu aspekpun dalam kehidupan ini yang luput dari perhatian syari'ah secara langsung maupun tidak langsung. Karena sifatnya yang menyeluruh itu maka banyak kita dapati dalam hukum hukum dan kaidah kaidahnya segala sesuatu yang berhubungan dengan negara dan sistem pemerintahannya seperti prinsip musyawarah, tanggung jawab penguasa, kewajiban patuh pada penguasa, hukum hukum peperangan, perdamaian dan perjanjian serta hukum lainnya yang berhubungan dengan masalah kenegaraan. Rumusan yang ada dalam pembahasan ini adalah 1). bagaimana konsepsi islam tentang non muslim serta hak dan kewajiban kewarganegaraan non muslim ahlu dzimmah di dalam negara islam? 2). Bagaimana analisa konsepsi islam tentang non muslim serta hak dan kewajiban kewarganegaraan non muslim ahlu dzimmah di dalam negara islam? Dalam pembahasan ini dilakukan analisa secara kwalitatif dengan tahap tahap: Editing yakni pemeriksaan kembali semua data yang diperoleh, terutama dari segi kelengkapan, keterbacaan kejelasan makna, kesesuaian dan keselarasan satu dengan lainnya, relevansi dan keseragaman satuan/kelompok data. Pengorganisasian data yaitu menyususn dan mensistematiskan data data yang diperoleh dalam kerangka paparan yang sudah direncanakan sebelumnya. Melakukan analisa lanjutan terhadap hasil pengorganisasian data dengan menggunakan kaidah, teori, dalil dan sebagainya, sehingga diperoleh simpulan mengenai hal dan kewajiban kewarganegaraan non muslim ahlu dzimmah di dalam negara islam. Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan ini adalah didalam bersikap terhadap non muslim islam memberikan dua konsep yaitu terhadap terhadap mereka yang mengikat dirinya dengan negara islam sebagai ahlu dzimmah, islam bersikap lunak, lemah lembut dan kasih sayang terhadap mereka. Terhadap non muslim selain ahlu dzimmah yang terang terangan memusuhi umat islam, islam memberikan konsep yang jelas. Hak dan kewajiban non muslim ahlu dzimmah di dalam negara islam yaitu perlindungan terhadap jiwa, perlindungan terhadap harta benda, perlindungan terhadap keamanan, perlindungan terhadap kehormatan, kebebasan beragama serta kebebasan berusaha dan bekerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athiyah, Umi--019000189
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalimi, Dar----
Subjects: Negara Islam
Hak Asasi Manusia
Warganegara
Warganegara
Keywords: Hak; Kewarganegaraan; Non Muslim; Negara Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2017 07:28
Last Modified: 15 Apr 2020 10:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14895

Actions (login required)

View Item View Item